Ambon, 1/9 (Antaranews Maluku) - Kantor Imigrasi Kelas I Ambon saat ini sedang mengirimkan tim ke Namlea, Kabupaten Pulau Buru dalam rangka menjajaki operasi gabungan terkait warga negara asing (WNA) yang masuk ke daerah itu.

"Kami sedang mengirim Tim ke Pulau Buru untuk menjajaki operasi gabungan, kebetulan di Imigrasi Ambon sudah mempunyai Timpora (tim pengawasan orang asing)," kata Kepala Kantor Imigrasi Ambon Mas Budi di Ambon, Sabtu.

Jadi nanti kita lihat apakah operasi gabungan ini di mulai dari Ambon atau Pulau Buru, tetapi kalau mulai dari Ambon paling tidak sasarannya hanya di hotel-hotel atau tempat-tempat hiburan, sebab di Kota Ambon sendiri tidak ada industri atau pertambangan yang pekerjanya orang asing.

Karena itu Timpora yang ada di Namlea sekarang ini sementara melakukan pendekatan dengan pihak Polres, kemudian Kesbangpol setempat kira-kira situasi dan kondisi di Gunung Botak terkait tambang emas seperti apa.

"Memang sepengetahuan kita ada dua perusahaan yang wilayah kerjanya di kawasan Gunung Botak yang mempergunakan tenaga kerja asing, jadi perlu di selidiki juga," ujarnya.

Karena itu, Timpora ini sedang melakukan koordinasi mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah bisa dilaksanakan terkait pengawasan orang asing.

Mas Budi mengatakan, sekarang ini sudah menjadi isu nasional dimana warga negara asing asal Cina yang memiliki surat ijin tinggal kunjungan dengan maksud akan bekerja tetapi berkepanjangan dengan alasan uji coba.

Hal itu pernah terjadi di Imigrasi Ambon beberapa waktu lalu, satu orang warga negara Cina yang memiliki ijin tinggal kunjungan, namun informasi yang disampaikan perusahaan tempat dia bekerja sedang mengajukan ijin ke Kementerian Tenaga Kerja di Jakarta.

karena itu,  Dirjen Keimigrasian meminta cobalah memperketat pengawasan orang asing di daerah ini.

"Termasuk warga negara Cina yang memiliki surat ijin tinggal kunjungan dengan alasan uji coba, yang memang sudah menjadi isu nasional bahwa tenaga kerja asing asal Cina dengan memiliki ijin tinggal kunjungan dengan maksud akan bekerja tetapi berkepanjangan dengan alasan uji coba-uji coba," ujarnya.

Jadi, lanjutnya, kita akan perketat pengawasan terhadap orang asing sesuai dengan tugas dan juga permintaan Dirjen Keimigrasian.

Pewarta: John Soplanit

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018