Ternate, 18/9 (Antaranews Maluku) - Bupati Halmahera Selatan (Halsel), Maluku Utara (Malut) Hi Bahrain Kasuba menyerahkan santunan klaim asuransi nelayan kepada almarhum Junaidi Jumat yang diterima Marga Soleman sebagai ahli waris.

"Saya juga berterima kasih kepada Dinas Perikanan dan Kelautan atas kepeduliannya terhadap masyarakat, khususnya para nelayan kita yang ada di Halmahera Selatan," katanya dalam siaran pers yang diterima Antara, Selasa.

Pemberian bantuan senilai Rp40 juta ini disaksikan oleh Kepala Dinas Perikanan dan Kelautan Halsel Fatma Usman Syah dan Penyuluh Perikanan Rasto Tamimi.

Bahrain berharap bantuan itu dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh keluarga almarhum Junaidi Jumat.

Dirinya juga meminta seluruh nelayan di Halsel memiliki kartu nelayan atau Kusuka, sehingga apabila ada kejadian seperti ini mereka bisa mendapatkan santunan dari perusahaan asuransi.

Sementara itu, Kru Lensa Saruma Rasto Tamimi selaku Penyuluh Perikanan menceritakan kronologis kejadian, dimana Junaidi Jumat yang merupakan salah satu nelayan Desa Pulau Gala, Kecamatan Kepulauan Joronga, saat melakukan aktifitas memancing jatuh pingsan. Setelah menjalani pemeriksaan, dokter mendiagnosa Junaidi mengidap penyakit ginjal dan beberapa minggu kemudian meninggal.

Karena yang bersangkutan sebagai pemegang Kartu Jasindo, keluarga melaporkan kepada Dinas Kelautan dan Perikanan, yang kemudian diteruskan ke Jasindo untuk mengajukan klaim.

Rasto juga menambahkan, nelayan yang sudah memiliki kartu nelayan bisa diusulkan mendapatkan asuransi Jasindo tersebut.

Jasindo merupakan asuransi yang bekerja sama dengan DKP Halsel untuk melindungi nelayan, khususnya nelayan tangkap.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018