Tual, 6/10 (Antaranews Maluku) - Kelompok pemuda yang tergabung dalam Ikatan Pemuda Pemudi ?Maren BTN (IPPMB) Kompleks BTN Un Indah Tual Indah bersama Polres Maluku Tenggara menyalurkan bantuan bagi korban bencana alam di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah.

Ketua IPPMB M. Hamzah Yabkenyanan di Tual, Sabtu, mengatakan distribusi bantuan bagi korban bencana di Palu dan Donggala telah dilakukan dua kali, bantuan pertama telah sampai di daerah bencana.

"Untuk pendistribusian tersebut kita dibantu oleh jajaran Polres Malra yang bersama-sama kami mengangkut bantuan ke pelabuhan dan bantuan juga dari pihak Pelni dengan armadanya," katanya.

Teknisnya, kata dia, setelah seluruh barang terkumpul kemudian diangkut ke pelabuhan dan dikapalkan ke Makassar menggunakan kapal Pelni.

Setelah tiba di Makassar sudah ada pihak yang menjemputnya, kemudian berkoordinasi dengan relawan-relawan untuk dibawa ke titik-titik bencana di Palu dan Donggala.

Bantuan yang dikumpulkan bagi korban bencana Palu merupakan wujud kepedulian guna meringankan beban mereka.
 
IPPMB Tual bersama Polres Maluku Tenggara memberikan bantuan untuk para korban bencana gempa bumi dan tsunami di Kota Palu dan Kabupaten Donggala, Sulawesi Tengah (Siprianus Yanyaan)

Menurut Hamzah, warga BTN Un Indah Tual antusias dalam mengumpulkan bantuan. Bantuan yang dikumpulkan bermacam-macam, yakni makanan, pakaian, perlengkapan perempuan dan bayi, selimut, serta sejumlah uang.

Bantuan-bantuan dari warga masih mengalir dan sudah ada tawaran pendistribusian dari pihak bandara dan kapolres setempat.

"Hikmah yang dapat kami ambil, yakni dapat memberi dampak positif bagi kami pemuda-pemudi Maren BTN ini dan juga menjadi energi positif bagi semua kelompok pemuda dan masyarakat di Kota Tual," kata Hamzah.

Kapolres Maluku Tenggara AKBP Indra Fadhila Siregar menyampaikan duka mendalam atas bencana yang terjadi di Palu.

Ia juga mengapresiasi kerja sama dengan pemuda BTN Tual itu dalam penggalangan bantuan kemanusiaan.

"Bantuan kepada korban bencana Palu oleh pemuda BTN Un Indah patut diapresiasi, dan langkah-langkah positif seperti ini patut dicontoh oleh pemuda di Tual maupun Malra," katanya.

Menurut dia, di Tual dan Maluku Tenggara saat ini juga ada kelompok pemuda, mahasiswa, sekolah yang turun ke jalan guna penggalangan donasi bantuan sebagai wujud kepedulian terhadap sesama yang sedang menghadapi musibah.

"Polres Malra sendiri telah melakukan pengumpulan donasi dan telah dikirim ke Polda Maluku dan selanjutnya akan disalurkan ke Palu, Sulteng," katanya.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018