Ternate, 28/11 (ANTARA News) - Dinas Pariwisata Kota Ternate, Maluku Utara  akan membangun beberapa fasilitas di beberapa objek wisata andalan daerah agar berkembang dan menghasilkan pendapatan untuk kas pemerintah daerah setempat.

"Pembenahan akan menggunakan?dana alokasi umum (DAU) untuk objek wisata di Tobololo, Akerica, Pantai Kastrla dan Ngade. Walaupun dikelola oleh masyarakat tapi pemerintah harus hadir," kata Kadispar Kota Ternate, Samin Marsaoly di Ternate, Rabu.

Dia mengatakan, alokasi APBD Perubahan untuk Dinas Pariwisata yang mencapai Rp12,6 miliar aka digunakan untuk membangun sarana prasarana di tempat wisata Kota Ternate.

Samin Marsaoly mengatakan, anggaran ini untuk memaksimalkan potensi kepariwisataan Kota Ternate, agar bisa meningkatkan pendapatan asli daerah (PAD)?pada tahun 2019.

Selain itu dengan dana alokasi khusus (DAK) akan membenahi objek wisata Sulamadaha, Batu Angus dan Tolire yang dikeloka pemda.

Dana yang dialokasikan untuk membangun wisata Kota Ternate, ada juga berupa DAK fisik yang dialokasikan di tiga item kegiatan yaitu jalan di Batu Bngus, jalan setapak Tolire, dan "Diving Center".

"Diving Center ini akan difasilitasi dengan lengkap di Taman Nukila dan di sekitarnya agar para wisatawan yang suka diving bisa menjalankan aktivitas di tempat tersebut," katanya.

Dari anggaran DAK ini juga, kata dia, akan dibangun menara di Danau Tolire agar pengunjung bisa berfoto di ketinggian.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2018