Basarnas Ternate, Maluku Utara (Malut), menerjunkan personelnya untuk mencari seorang nelayan bernama Andi Mico (31 tahun) yang belum kembali dari melaut di perairan pulau Gebe, kabupaten Halmahera Tengah(Halteng).

Kepala Basarnas Ternate M Arafah di Ternate, Selasa mengatakan Tim Rescue Kantor SAR bergerak menuju lokasi sekitar pukul 18.35 WIT setelah menerima informasi dari anggota Pos Polair Pulau Gebe Brigpol Erik dan Letda Laut (P) Aris (Danposal Pulau Gebe).

Menurut dia, saat itu, korban berpamitan untuk pergi melaut dengan menggunakan body perahu, namun hingga saat ini belum kembali.

Selain itu, korban saat ini terpantau di lokasi kejadian sekitar 12 NM Selatan Pulau Gebe, Halmahera Tengah dengan Koordinat LKP 0° 22' 6" S / 129° 29' 15" dan jarak/radian Kansar TTE LKP tepatnya di Desa Capaleo, Kecamatan Pulau Gebe, Halmahera Tengah.

Dalam pencarian itu, kata Arafah, pihaknya sekitar pukul 18.38 Wit berkoordinasi dengan Kansar Sorong dan berkoordinasi dgn BPBD Halteng, Pos Polair Gebe, Pos AL Gebe.

Bahkan, saat itu, pihaknya bersama tim Sar telah menyisir lokasi diduga tempat hilangnya korban saat melaut.

Sebelumnya, pada pekan lalu, tim Basarnas berhasil menemukan seorang korban hilang bernama Manopo (33 tahun) dalam kondisi meninggal dunia di pinggir sungai Domato, Halmahera Barat, pada Posisi 0,78 Km atau Radian 8,76° dari LKP.

Saat itu, tim menggunakan SRU 1 terdiri dari Tim Rescue Kansar TTE, Lanal Ternate, dan Dit Polair Polda Malut dan menggunakan RIB 02 Ternate, selanjutnya melaksanakan penyisiran di Search Area sesuai dengan Renops Hari ketiga.

Sedangkan, SRU 2, Terdiri dari Babinsa Desa Domato, BPBD Halbar dan Masyarakat Setempat. Untuk penyisiran di sepanjang Pantai Perairan Sidangoli. (*)
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019