Pelabuhan ASDP Cabang Ternate, Maluku Utara (Malut) melayani ribuan calon penumpang terutama rute Ternate-Rum, Kota Tidore Kepulauan sejak pagi tadi hingga sore hari ini untuk bersilaturahmi ke keluarganya pada H+1 Idul Fitri 1440 Hijriah.

"Hari ini, kami menyiapkan tambahan empat buah kapal feri untuk melayani rute tujuan Rum, Kota Tidore Kepulauan, karena sejak pagi tadi hingga siang calon penumpang melonjak untuk tujuan daerah itu," kata Manager Operasional PT ASDP Feri Cabang Ternate, Marsadik, di Ternate, Kamis.

Pada H+1 Lebaran di Pelabuhan ASDP Feri Cabang Ternate ada penumpukan calon penumpang yang melayani tujuan antarpulau, seperti untuk rute Sofifi, Sidangoli dan Kota Tidore Kepulauan, dan para penumpang ini bukan merupakan arus balik Lebaran, tetapi mereka ke Rum maupun ke Kota Ternate untuk bersilaturahmi bersama keluarga dengan menggunakan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Ia mengatakan bahwa terjadi penumpukan di pelabuhan ini karena calon penumpang yang mau menyeberang rute Rum agar bisa bertemu para keluarga di Kota Tidore Kepulauan bersilaturahmi dalam suasana Idul Fitri tahun ini.

Selain calon penumpang yang melakukan perjalanan penyeberangan, mereka membawa kendaaran roda maupun roda empat, sehingga terjadi penumpukan di areal pelabuhan dan pihak petugas melakukan sistem pengalihan khususnya untuk kendaraaan roda dua dan roda empat

Untuk kendaraan roda dua dan roda empat, kata Marsadik, masing-masing disiapkan satu kapal feri yang melayani rute tujuan Kota Tidore Kepulauan, karena sejak pagi hingga siang tadi calon penumpang terdaftar diprediksi mencapai 2.000-an orang untuk mengantisipasi membludak calon penumpang.

Sedangkan untuk pelayaran rute Ternate-Sofifi dan Ternate-Sidangoli, Kabupaten Halmahera Barat masih terpantau normal, tetapi pihaknya tetap melakukan pengawalan di setiap pintu masuk dan keluar, agar tetap berjalan aman, lancar dan tertib.

Pihak ASDP juga tetap mengambil langkah-langkah untuk mengantisipasi puncak arus balik pada H+4 dan H+5 Lebaran karena pada H+6 Lebaran sudah aktivitas perkantoran yang mulai dibuka.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019