Pemerintah kabupaten (Pemkab) Maluku Tenggara (Malra), Maluku, akan menggelar sejumlah kegiatan untuk menyongsong peringatan HUT RI ke-74 di wilayah tersebut.

"Kegiatan itu diantaranya perlombaan, festival seni dan budaya, dan gebyar kemerdekaan dan kebangsaan," kata Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan MalraClemens Welafubun, selaku Ketua panitia peringatan HUT ke-74, usai rapat bersama Bupati Malra, di Langgur, Kamis.

Ia mengungkapkan, panitia akan menyelenggarakan kegiatan lomba gapura antarOPD dan antardesa, lomba kebersihan antarOPD dan antardesa, dan lomba penataan taman.

"Lomba-lomba ini akan dinilai langsung oleh ibu-ibu PKK Kabupaten Malra, Persik, Bayangkari dan lain-lain,” ungkap Clemens.

Lomba lain di antaranya reli sepeda kemerdekaan dengan tiga etape. Etape 1 dari Langgur ke Danar, Etape 2 Danar ke Tetoat, Etape 3 dari Tetoat ke Langgur, dan akan ditambah lagi satu etape baru yakni dari Langgur ke Dunwahan Sidnohoi.

Reli itu akan diikuti oleh seluruh OPD Malra, sekolah dan masyarakat umum, dan dipimpin langsung oleh Bupati M. Thaher Hanubun.

Rencananya, reli mulai tanggal 13 Agustus, start dari kantor DPRD Malra, sementara tanggal 14 4gustus akan dilakukan lagi pawai sepeda anak Indonesia melibatkan pra siswa SD SMP yang menghias sepedanya dengan nuansa kemerdekaan.

Pada tanggal 13 juga akan dilakukan gebyar seni dan budaya di kantor baru bupati baru, selain itu festival budaya pada beberapa titik yakni di lapangan kantor bupati, pasar Langgur, dan juga di taman Watdek.

Kegiatan berikutnya kirab kemerdekaan dan kebangsaan akan dilaksanakan pada 16 Agustus, peserta diwajibkan membawa bendera merah putih, sementara kirab kebangsaan peserta dengan memakai busana nusantara dan mengusung bendera yang panjangnya 1.000 meter.

Lomba gerak jalan indah juga akan dilangsungkan oleh panitia, yakni pada tanggal 15 Agustus dimana lomba gerak jalan indah dengan kategori anak, SD, SMP, SMA/SMK, pemuda dan umum, dan saat ini yang sudah mendaftar sebanyak 220 regu berbagai kategori.

Tanggal 16 puncak kegiatan menyongsong HUT RI akan dilakukan pesta rakyat dan gebyar menjelang malam tabtu dan ziarah, untuk tanggal 17- nya dilakukan upacara memperingati detik-detik proklamasi kemerdekaan RI.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019