Bupati Maluku Tenggara M Thaher mengatakan peringatan HUT ke-74 Kemerdekaan RI harus menjadi motivasi untuk pemerintah dan masyarakat daerah itu mengejar ketertinggalan selama ini.

“Ini sebagai motivasi dan semangat bagi bangsa dan khusus bagi Kabupaten Maluku Tenggara mengejar ketertinggalan, maka saya mengajak seluruh elemen masyarakat untuk mengisi Kemerdekaan ini dengan mengisi pembangunan di daerah ini," katanya  usaip upacara memperingati detik-detik Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia di lapangan upacara kantor Bupati baru jalan Langgur, Debut, Sabtu.

Thaher menyatakan salah satu masalah adalah angka kemiskinan yang masih cukup tinggi dan harus ditanggulangi oleh pemerintah dan DPRD bersama berbagai elemen di tengah masyarakat daerah ini.

“Tema besar HUT Kemerdekaan RI ke 74 yakni SDM Unggul Indonesia Maju, merupakan tema yang tepat khusus untuk Maluku Tenggara, karena dilihat ke laut uang, di lihat ke darat uang, tetapi kita masih butuh SDM yang unggul untuk mengolahnya”, ujar Thaher.

Menurut dia, SDM di Malra tidak tertinggal, namun perlu diberi kesempatan berkarya.

"Salah satunya pemuda-pemuda kita, oleh karena itu ketika berkumpul semalam di kediaman saya bersama pemuda yang berdomisili di wilayah ibu kota kabupaten, saya memberi harapan-harapan kepada mereka agar ikut bersama kami membangun daerah ini di segala bidang" kata Thaher.

Ketua DPRD Malra Thedeus Welerubun pada kesempatan yang sama menyampaikan, Proklamasi merupakan wujud dari sebuah kemenangan, butuh proses yang panjang dimana diperjuangkan oleh pendahulu kita untuk merebut kemenangan tersebut.

Makna lain dari Proklamasi adalah memberi semangat dan motivasi bagi masyarakat untuk mengisi kemenangan ini dengan pembangunan.

"Wujud itu dimunculkan dalam sinergitas Pemda dengan DPRD Malra sesuai dengan amanat UU 23 tahun 2014. Wujud nyata untuk pembangunan kita harus saling memberi dukungan, jika ada perbedaan pendapat kita harus mencari solusi bukan menciptakan perdebatan yang berkepanjangan," katanya.

Sinergitas itu, lanjutnya, ditunjukkan dengan lajunya pembangunan di daerah, dan semua harus berjalan sesuai visi dan misi yang ditetapkan oleh pemerintah daerah saat ini. Seluruh program pemerintah daerah yang tidak bertentangan dengan aturan dan berpihak kepada kepentingan rakyat tentu didukung.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019