Empat Gubernur dan 11 bupati/wali kota menghadiri Indonesia Creative Cities Festival (ICCF) untuk menyampaikan keberhasilannya dalam melahirkan kreativitas masyarakat di daerah yang berlangsung di kota Ternate, Maluku Utara  pada 2-7 September 2019.

"Empat Gubernur yang hadir diantaranya Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil, Gubernur Maluku, Murad Ismail, Gubernur Riau Syamsuar dan Gubernur Malut Abdul Gani Kasuba," kata Ketua Umum ICCF, Fiki C Satari di Ternate, Kamis.

Dia menyatakan, event  ICCF berlangsung di Ternate ini dihadiri 15 kepala daerah dan mereka telah mempresentasikan keberhasilan dan potensi wisata yang digarap di daerahnya.

Ke-11 bupati/walikota yang hadir di antaranya Wali Kota Tangerang Selatan Airin Rachmi Diany, Wali Kota Pariaman Genius Umar, Walikota Padang Panjang, Mahyeldi Ansharullahm Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi, Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Penajam Paser Utara Abdul Gafur Mas’ud, Bupati Sleman Sri Purnomo dan Wakil Bupati Sumba Barat Marthen Ngailu Toni.

"Selain itu, ICCF tersebut juga dihadiri berbagai paguyuban yang tersebar di Indonesia, akan diramaikan pula kegiatan Coho Gia Kololi Kie atau Berpegangan tangan mengelilingi gunung yang akan diadakan pada tanggal 6 September 2019," katanya.

Dalam kegiatan ini akan dihadiri oleh beberapa paguyuban yakni, Polamangondo, Ambon, Malang, Sorong, Surabaya, Jawa Barat, Bandung, Komunitas Batavia Jakarta atau Mangga Rai.

Sementara itu, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil mengatakan kesejahteraan dan kemakmuran bagi masyarakat dan daerah bisa didorong oleh kreativitas masyrakatnya  untuk menciptakan desa digital.

Di Jawa Barat sendiri, kata Ridwan Kamil, pihaknya memfasilitasi penyediaan sekolah animasi untuk pembuatan film.

"Kuncinya harus membuka diri, manfaatkan jaringan melalui 169 daerah untuk membangun Kota Ternate dengan kekhasan yang dimilikinya dalam pengembangan kreativiyas mulai dari musik, kerajinan maupun potensi lokal lainnya," katanya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019