Tim Dokkes Polda Maluku akhirnya mengevakuasi Ny. Asmari Lasiru, penderita kanker payudara stadium empat ke RS Bhayangkara Polda Maluku setelah selama ini terbaring lemas di tenda pengungsian Desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon.

"Asmari akhirnya menerima tawaran Kapolda Maluku Irjen Pol Royke Lumowa dan ketua Pengurus Daerah Bhayangkari Maluku Ny. Swanly Royke Lumowa untuk dirawat secara gratis di RS Bhayangkara Polda Maluku," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol. Mohamad Roem Ohoirat di Ambon, Senin.

Polda telah menyiapkan ruangan khusus di RS Bhayangkara untuk Asmari Lasiru di RS tersebut.

"Sekitar pukul 15.00 WIT dipimpin oleh Kabid Dokkes Polda Maluku langsung menjemput Asmari Lasiru penderita kanker payudara di lokasi pengunsian untuk dirawat di RS Bhayangkara dan dirawat di ruang Mutiara," kata Kabid Humas.

Jadi mulai sore ini, Asmari tidak lagi berada ditenda pengunsian di perbukitan Desa Hunuth.

Menurutnya, setelah dijemput dari lokasi pengunsian, Asmari kemudian dibawa menuju Instalasi Gawat Darurat untuk diperiksa sebelum akhirnya dirawat di ruang melati RS Bhayangkara.

"Paling lambat malam ini (tadi malam), sudah dibawa atau diinapkan di ruangan yang telah disipakan itu. Memang setelah dibujuk oleh pak Kapolda, beliau (Asmari) baru bersedia untuk dirawat di RS Bhayangkara," terangnya.

Sebelumnya, Kapolda Maluku Irjen Pol Drs. Royke Lumowa M.M, bersama ketua Pengurus Daerah (PD) Bhayangkari Maluku Ny. Swanly Royke Lumowa dan sejumlah Pejabat Utam (PJU) Polda Maluku, mendatangi tenda pengungsi korban gempa bumi Ambon, yang terletak di perbukitan desa Hunuth, Kecamatan Teluk Ambon, untuk melihat Asmari Lasiru, penderita kanker payudara stadium empat.

Kunjungan Kapolda dan rombongan itu setelah menerima laporan ada salah satu penderita kanker payudara ditenda pengunsian tanpa ada perawatan, dari tim medis yang melaksanakan bakti kesehatan dilokasi pengunsian.

Kapolda Irjen Pol Drs. Royke Lumowa mengungkapkan, kunjungan yang dilakukan kelokasi pengunsian untuk menjenguk Asmari Lasiru, penderita kanker payudara stadium empat tempati, setelah menerima laporan dari tim medis Polda Maluku, yang telah melaksanakan bakti kesehatan dilokasi tersebut.

"Kita menerima laporan dari tim kesehatan Polri yang sedang melaksanakan pengobatan gratis di tenda-tenda pengungsi bahwa ada pengungsi yang menderita sakit kanker payudara stadium empat atas nama Asmari Lasiru, yang terbaring lemas tanpa ada perawatan," kata Kapolda usai melihat kondisi Asmari Lasiru dilokasi pengunsian.


 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019