Para mahasiswa dari sejumlah fakultas di Universitas Pattimura (Unpatti) Ambon berharap dapat mengembangkan diri dan memberikan karya terbaik bagi kemajuan negara Indonesia serta membanggakan bangsa ini.

"Kita mestinya menjadi pemuda yang bebas narkoba, bebas masalah seksualitas maupun miras, dan bagaimana peran kita bisa membanggakan bangsa ini," kata mahasiswa Fakultas Hukum Unpatti, Gustav Pesiwarissa di Ambon, Senin.

Makna sumpah pemuda adalah bagaimana menjadi pemuda-pemuda berkarya dan dapat mengembangkan diri dalam menghadapi tantangan di masa datang.

"Saya percaya negara Indonesia memiliki pemuda-pemudi kreatif dan inovatif dan bagaimana kita mengelompokkan semua itu menjadi generasi yang berkarya," ujarnya.

Sama halnya dengan Atira, salah satu mahasiswi Fakultas Ekonomi Unpatti Ambon mengatakan, pemuda-pemudi Maluku dalam memperingati Hari Sumpah Pemuda maka diharapkan lebih maju lagi dan banyak belajar dengan serius menjadi orang yang cerdas, tidak menghabiskan waktu dengan bermain.

"Pemuda pasti bisa berkembang dan maju serta berkarya bagi bangsa dan negara," katanya,

Ikhsan Loikatu, mahasiswa Fakultas Tekhnik program studi perkapalan Universitas Pattimura Ambon juga mengharapkan pada momentum Sumpah Pemuda 28 Oktober 2019 ini agar pemuda Maluku ke depannya lebih kreatif, sukses, dan bertanggungjawab atas berbagai hal yang dilakukan bersama.

"Kita harus bisa mengembangkan jiwa-jiwa pemuda dan kalau ada masalah yang terjadi pada daerah ini maka sebagai mahasiswa mendorong teman-teman agar menyuarakan aspirasi dan membela kebenaran dalam hal mencapai tujuan bersama," ujarnya.

Sedangkan Riska La Ode, Fakultas Hukum Unpatti Ambon mengatakan, pemuda dan mahasiswa perlu memiliki rasa tanggungjawab lagi atas apa yang diperbuat di lingkungan sekitar, dan pemuda harus bersatu supaya menjadi mahasiswa yang lebih bertanggungjawab.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019