Partai Gelombang Rakyat (Gelora) Indonesia secara resmi dibuka di Maluku dengan terbentuknya komposisi kepengurusan partai yang diketuai Talib Soumena dibantu Siti Halija Waliulu dan Harmi Hamid selaku sekretaris dan bendahara.

"Partai besutan Anis Matta ini sudah kami bentuk kepengurusannya termasuk membuka cabang di kabupaten/kota yang mencapai 90 persen," kata Ketua DPW Partai Gelora Maluku, Talib Soumena di Ambon, Kamis.

Sedangkan Saiful Almaskati menjabat ketua bidang pembinaan kewilayahan dan ketua bidang politik serta humas dijabat Ahmad Amin.

Satu daerah tingkat dua yang sementara diproses pembukaan cabangnya adalah Kabupaten Kepulauan Tanimbar (KKT).

Menurut dia, kejelasan tentang resmi berdirinya Partai Gelora Indonesia di Maluku sesuai srat keputusan yang ditandatangani Ketua Umum dan Sekjen Dewan Pengurus Partai, Anis Matta serta Mahfud Sidik.

"SK-nya telah diserahkan langsung ketua DPN dalam acara silaturahmi nasional pimpinan pusat dan wilayah se-Indonesia yang berlangsung 10 November 2019 kemarin di Jakarta," ujarnya.

Dijelaskan, secara nasional Partai Gelora berkeinginan menjadikan Indonesia masuk sebagai salah satu kekuatan lima besar dunia, dimana hal tersebut terejawantahkan dalam penguasaan bidang ekonomi, teknologi, dan militer.

Partai memandang bahwa Indonesia memiliki peluang untuk menjadi aktor peradaban dunia, dan potensi Indonesia terlalu banyak sehingga sudah saatnya untuk mendayakan semua potensi itu dengan menetapkan sebbuah cita-cita yang sepadan lalu menggerakkan semua elemen bangsa untuk sama-sama menuju ke sana.

"Sejujurnya Partai Gelora Indonesia ingin mengingatkan dan menegaskan kembali cita-cita nasional kita yang luhur, termaktub dalam mukadimah UUD 1945 dan jangan lupa juga akhir dari tujuan nasional kita adalah menjadi pelaksana ketertiban dunia," tandasnya.

Khusus untuk Maluku, kata Soumena, kehadiran Partai Gelora semoga bisa membantu mengakselerasi kemajuan daerah dan bersama-sama elemen pemerintah menjadikan daerah ini sebagai pusat kendali dan pusat pertumbuhan di Kawasan Indonesia Timur.

Agenda terdekat yang akan dilakukan pengurus wilayah adalah terus melakukan konsolidasi partai sampai ke seluruh pelosok daerah Maluku dan dimohonkan sokongan doa seluruh lapisan masyarakat.

Dia juga mengaku optimis target pemenuhan struktur partai bisa tercapai lebih cepat karena begitu banyak kalangan yang sudah menjalin komunikasi untuk bergabung, sebab ide yang diperjuangkan partai serta atmosfer egalitarian yang dimilikinya membuat banyak orang tertarik.

Saat ini kepengerusan partai sudah merambah tingkat kecamatan dan dalam waktu dekat akan dituntaskan sedangkan di sejumlah kabupaten sudah sampai tingkat negeri atau desa, dan konsolidasi ini sesuai arahan Ketua Umum Partai Gelora Indonesia, Anis Matta.

"Untuk agenda Pilkada serentak lima daerah pada 2020 di provinsi Maluku kami juga akan ikut berpartisipasi sebagai pendukung," tegasnya.



 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019