Perwakilan Bank Indonesia (BI) Maluku Utara (Malut) menyatakan, telah menyediakan 27 titik untuk penukaran uang di daerah keramaian dalam rangka memenuhi kebutuhan menjelang perayaan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020 bagi  masyarakat.

"Untuk memenuhi kebutuhan uang bagi masyarakat selama perayaan natal di Malut, BI telah sediakan daftar lokasi layanan menukaran uang khususnya tiga kabupaten/kota di Malut" kata Kepala Perwakilan BI Malut, Gatot Miftahul Manan melalui siaran pers yang diterima Antara di Ternate, Rabu.

Dimana, untuk daftar lokasi layanan penukaran uang untuk Kota Ternate disediakan 16 bank, Labuha Halmahera Selatan tujuh bank dan Tobelo, Halmahera Selatan empat bank.
 
Menurut dia, KPW BI Malut bekerja sama dengan bank umum di wilayah kerjanya telah mengadakan kegiatan perkasan dengan membuka layanan penukaran menjelang natal tahun 2019 dan tahun baru 2020 dan akan berlangsung pada tanggal 19 - 31 Desember 2019 setiap hari kerja dengan mengambil tema "Rupiah, Sahabat Untuk Semua".

Kegiatan penukaran dilaksanakan di 27 titik kantor bank umum di Kota Ternate, Kabupaten Halmahera Utara dan Kabupaten Halmahera Selatan.

Dia berharap agar masyarakat dapat menukar uang pecahan kecil sesuai dengan kondisi layak edar di lokasi layanan penukaran.

Sebelumnya, Perwakilan BI Malut menyatakan, dalam menghadapi perayaan natal dan tahun baru 2020 telah menyediakan mobil kas keliling untuk memenuhi kebutuhan uang, terutama di berbagai titik-titik keramaian.
 
Menurut Gatot, untuk natal dan tahun baru 2020 ini, BI telah sediakan uang sebesar Rp500 miliar dan diperkiraan bisa mencukupi kebutuhan selama perayaan natal di Malut.

Selain itu, perayaan natal dan tahun baru di Malut, Bank Indonesia menyediakan uang pecahan nominal Rp1000 hingga Rp20 ribu dengan total Rp250 juta dalam setiap kali beroperasi menggunakan mobil kas keliling di titik-titik keramaian Kota Ternate seperti depan Hypermart, pelabuhan maupun areal pasar.

Sedangkan, dalam rangka pelayanan selama natal dan tahun baru 2020, BI Malut menyediakan dana sebesar Rp125 miliar di Kabupaten Halmahera Utara dan Halmahera Barat, karena sebagian besar masyarakat beragama nasrani merayakan natal.

Begitu pula, daerah lainnya di Malut, seperti Kota Ternate, Halmahera Selatan maupun daerah lainnya tetap terlayani, dalam memenuhi kebutuhan uang di masyarakat.

Gatot menyatakan, BI menyediakan dana sebesar Rp500 miliar itu akan memenuhi seluruh kebutuhan masyarakat, terutama dalam momentum perayaan natal dan tahun baru 2020.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2019