Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) melalui Dit Binmas menggelar kegiatan pembinaan dan penyuluhan kepada masyarakat terkait cara untuk mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID-19) di Malut.

"Sosialisasi ini difokuskan ke tempat keramaian seperti pelabuhan Bastiong dan seputaran kota Ternate," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rodjikan di Ternate, Minggu.

Menurut dia, kegiatan ini merupakan menindaklanjuti kebijakan pemerintah kota ternate terkait telah ditetapkannya kota ternate sebagai darurat COVID-19.

Dalam kegiatan ini, Polda Malut mengimbau kepada masyarakat untuk tidak perlu merasa khawatir yang berlebihan tetapi harus waspada, kurangi berada ditempat keramaian, hindari tempat bertemu dan berkumpulnya orang banyak, sering-sering mencuci tangan dengan sabun atau antiseptik, agar selalu mengunakan masker ketika berada di luar rumah.

Sehingga, diharapkan kepada adik-adik pelajar dan mahasiswa yang sedang libur agar mengisi waktu belajarnya dirumah masing-masing, dan yang terakhir diimbau kepada masyarakat Malut, khususnya kota Ternate untuk selalu berada di dalam rumah dan meninggalkan rumah kecuali dalam keadaan yang sangat penting atau mendesak.

Kabidhumas harapkan, dengan kegiatan ini masyarakat Malut khususnya kota Ternate dapat memahami terkait dengan maraknya penyebaran virus corona dan masyarakat juga bisa mengimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari sehingga untuk di Malut dapat meminimalisir penyebaran virus corona.

Polda meminta kepada seluruh masyarakat untuk bijak menerima informasi terutama terkait dengan penanganan terhadap kasus COVID-19 dan percayakan kepada pemerintah.

"Kami terus memantau berbagai informasi yang berkembang di medsos, terkait dengan penanganan wabah virus corona, terutama yang bertentangan dengan kebijakan pemerintah," katanya.

Olehnya itu, Adip mengimbau, terkait Informasi COVID-19, kiranya masyarakat jangan panik dengan peredaran informasi yang beredar namun akan lebih bagus masyarakat lebih memperhatikan kebersihan diri dan lingkungannya.

Sehingga, Polda Malut menginstuksikan ke seluruh jajarannya untuk melaksanakan bersih-bersih lingkungan di lingkungan dalam rangka mencegah menyebaran wabah virus COVID-19.

Sedangkan secara internal, Polda Malut telah melakukan kegiatan bersih-bersih dilaksanakan seiring dengan maraknya penyebaran virus corona di berbagai negara termaksud indonesia yang sampai saat ini sudah mencapai ratusan kasus yang positif virus corona.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020