Pemerintah Kota (Pemkot)Ternate, Maluku Utara (Malut), mengerahkan sejumlah mobil pemadam kebakar (Damkar) untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan di seluruh ruang umum yang ada di pusat kota Ternate guna mengantisipasi mewabahnya virus COVID-19.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Ternate, Arif Gani di Ternate, Senin, mengatakan, pihaknya menyemprot cairan disinfektan ke seluruh fasilitas umum maupun pusat keramaian sebagai upaya mencegah adanya wabah COVID-19.

Bahkan, seluruh fasilitas umum seperti pasar, halaman perkantoran dan landmark tempat keramaian dilakukan penyemprotan sebagai langkah pencegahan terhadap mewabahnya virus COVID -19 di kota Ternate.

Sedangkan, Ketua Pelaksana Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID - 19 Ternate,  Arif Gani mengatakan,sebanyak empat unit Damkar dikerahkan untuk melakukan penyemprotan cairan disinfektan yang kadarnya diatur oleh tim kesehatan kota Ternate ke sejumlah ruang umum.
 
Penyemprotan dilakukan dari jalan Sultan Muhammad Jabir Sjah hingga ke kawasan Pahlawan Revolusi Ternate Tengah yang dipusatkan pada tempat ruang umum seperti taman kota pasar rakyat Gamalama Ternate, pusat pertokoan, perkantoran dan kediaman Gubernur Malut di Ternate.
  
Menurut Arif, langkah penyemprotan ini dilakukan sebagai bentuk pencegahan Pemkot Ternate dan Pemprov Malut untuk memutus mewabahnya virus COVID-19 yang dapat mengancam warga di tempat ruangan umum.
  
Bahkan, untuk penyemprotan ini akan terus dilakukan hingga beberapa hari kedepan dan nantinya setiap pelabuhan dan rumah ibadah pun turut disemprot.
 
Olehnya itu, upaya yang dilakukan ini agar masyarakat kota Ternate dapat terbebas dari ancaman virus COVID-19 yang selama ini sangat dikhawatirkan oleh seluruh negara di dunia.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020