Kapolda Maluku Utara (Malut), Brigjen Pol. Rikhwanto dan stafnya menjalani tes suhu badan dalam rangka mengantisipasi penyebaran virus corona (COVID -19).

"Seluruh personel termasuk pejabat utama di Mapolda harus melakukan pemeriksaan menggunakan alat termoskener guna mencegah mewabahnya virus COVID-19," kata Kabid Humas Polda Malut, AKBP Adip Rojikan di Ternate, Selasa.

Kegiatan ini dilaksanakan dengan maraknya penyebaran virus Corona di negara-negara termaksud di Indonesia, sehingga Polda melalui bidang dokkes Polda Malut menerapkan kegiatan pengecekan suhu badan sebelum melaksanakan kerja rutin, baik pelayanan, operasional dan lain-lain.

Menurut dia, dengan pengecekan suhu badan ini  Polda Malut dapat meminimalisir penyebaran virus corona di lingkup kerja, sehingga  pelayanan kepada masyarakat dalam keadaan sehat.

Pengecekan suhu badan ini diawali Oleh Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs Rikwanto, kemudian diikuti pejabat Utama Polda Malut serta Personel Polda Malut.

Dia menambahkan, dengan kegiatan pengecekan suhu badan ini bisa mencegah dan  meminimalisir penyebaran di lingkungan Polda Malut.

"Kita (polisi), khususnya Polda Malut sering mengimbau kepada masyarakat terkait virus corona ini. Namun, apabila kita hanya mengimbau saja tanpa mengawali itu hasilnya tidak maksimal  untuk itu Polda sering melakukan kegiatan bersih-bersih lingkungan yang mengajak masyarakat dan instansi terkait melakukan tes suhu badan guna mengantisipasi penyebaran virus COVID-19 ini," ujarnya.

Sementara itu, Kapolda Malut, Brigjen Pol Rikhwanto dalam pelaksanaan apel pagi yang bertempat di lapangan apel Mapolda Malut menekankan kepada personel agar memberikan imbauan kepada masyarakat dalam rangka mencegah penyebaran virus corona itu, dapat dilakukan dari diri sendiri dengan menaati kebijakan pemerintah untuk tetap tinggal di rumah tanpa harus banyak beraktivitas di luar rumah.

Dalam kesempatan apel pagi, Kapolda juga memerintahkan kepada seluruh personel mulai besok tidak dilaksanakan apel pagi secara umum, tetapi dilakukan apel satker. Ini dilakukan untuk menghindari kerumunan orang yang banyak dan minimal jaga jarak satu meter sehingga dapat meminimalisir penyebaran virus corona.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020