Balai Perhutanan Sosial dan Kemitraan Lingkungan (PSKL) wilayah Maluku dan Papua menyalurkan bantuan suplemen penambah daya tahan tubuh bagi tenaga medis di kota Ambon.

Bantuan suplemen disalurkan ke dua rumah sakit di provinsi Maluku yakni Rumah Sakit Tingkat II Prof. dr. J. A. Latumeten dan RSUD dr M. Haulussy, berupa minyak kayu putih, madu, jahe merah, bubuk kunyit masing-masing 100 botol, kata kepala balai PSKL Maluku Papua, Yusuf, di Ambon, Senin.

"Kita hari ini (Senin) menyalurkan bantuan suplemen kepada tenaga medis sebagai garda terdepan penanganan virus COVID-19 di RS tingkat II dr Latumeten Ambon, menyusul dr.M. Haulussy pada pekan lalu," ujarnya..

Ia mengatakan, sebagai instansi kehutanan yang bergerak di bidang sosial pihaknya turut prihatin dengan kondisi terutama penyebaran virus COVID-19.

"Kami merasa terpanggil untuk membantu pencegahan dan penyebaran virus, yang tentunya sejalan dengan arahan menteri Lingkungan hidup dan kehutanan, " katanya.

Yusuf menjelaskan, bantuan suplemen yang diberikan merupakan produk hasil binaan dari kelompok usaha perhutanan sosial.

Produk tersebut murni dari kelompok tani perhutanan sosial di Maluku, dan Maluku Utara, yakni kelompok tani lebah madu kehidupan dusun Eri, kelompok tani hutan usaha mandiri desa Tonu Jaya dan kelompok tani hutan Gala'a Kolil desa Tacici Halmahera Barat.

"Bantuan ini juga kita berkeinginan menggerakan dan meningkatkan perekonomian masyarakat terutama kelompok binaan kita, " ujarnya.

Bantuan suplemen lanjutnya, selain diserahkan kepada tenaga medis di dua rumah sakit di Maluku, juga ke Maluku Utara, Papua dan Papua Barat.

"Jumlah paket bantuan yang diberikan sama, selain itu juga akan diberikan kepada Unit pelaksana teknis (UPT) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan provinsi Maluku, sebagai bentuk rasa solidaritas untuk para rimbawan, agar tetap sehat dalam menjalankan tugas di bidang kehutanan, tandasnya.

Sementara itu Kepala staf medis fungsional di RS tingkat II dr Latumeten, dokter Armand TL menyatakan, apresiasi dan terima kasih atas bantuan yang diberikan bagi tenaga medis.

"Bantuan yang diberikan berguna dalam rangka menunjang moril juga menjaga kesehatan bagi tenaga medis yang bertugas di lapangan untuk menangani pasien, bantuan ini tentunya sangat membantu kami, " tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020