Sejumlah personil Lanud Pattimura menjalani rapid test metode serologi berupa pengambilan sampel darah guna menekan penyebaran COVID-19.

Rapid test metode serologi atau mengambil sampel darah diikuti tujuh personel di Siekes Lanud Pattimura, kata Komandan Lanud Pattimura Kolonel Pnb Sapuan, Selasa.

Dikatakannya, rapid test ini dilakukan untuk mendeteksi dan mencegah penyebaran Covid-19.

"Kasus COVID-19 setiap hari mengalami penambahan angka, langkah ini dilakukan dengan harapan personel Lanud Pattimura dan lingkungan terbebas dari infeksi virus Corona, " katanya.

Prosedur rapid tesr katanya, sampel darah diambil kemudian dimasukan ke dalam alat centrifuge setelah itu cairan plasma dari darah diteteskan ke dalam alat rapid test.

Selanjutnya dalam waktu 15-20 menit, hasilnya akan keluar. Jika muncul satu garis control maka hasilnya negatif, tetapi jika muncul dua garis maka hasilnya positif.

"Kita berupaya menekan angka kasus dengan melakukan pemeriksaan bagi para personil Lanud, " ujarnya.

Sementara itu kepala seksi Kesehatan Lanud Pattimura Letda Kes Fahmi, menyatakan dari tujuh personel yang melaksanakan rapid test, dinyatakan negatif Covid-19.

"Tujuh personil dinyatakan negatif atau bebas dari virus corona, " katanya.

Test serupa katanya, akan dilaksanakan secara bertahap kepada seluruh personel Lanud Pattimura.

"Kita berupaya menekan penyebaran Covid-19 yang saat ini telah mencapai angka 4000 lebih penderita positif di Indonesia," tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020