Bandar udara internasional Pattimura Ambon siap menerapkan prosedur pelayanan kepada penumpang dalam situasi normal baru seiring selesainya pedoman protokol kesehatan normal baru di 15 bandara yang dikelola oleh PT Angkasa Pura I (persero).

"Angkasa Pura I telah menyelesaikan pedoman protokol kesehatan guna mendukung operasional penerbangan dalam situasi new normal. Pedoman ini segera disosialisasikan dan diterapkan setelah peraturan resmi dikeluarkan pemerintah melalui gugus tugas penanganan COVID-19," kata General Manajer Bandara Internasional Pattimura, Amiruddin Florensius di Ambon, Jumat.

Ia mengatakan, secara khusus pedoman protokol kesehatan normal baru mengatur secara detail prosedur dan persyaratan yang dibutuhkan bagi calon penumpang yang ingin melakukan perjalanan domestik dan internasional.

Dalam pedoman ini katanya, juga diinformasikan terkait upaya pencegahan, penyebaran dan penerapan protokol kesehatan COVID-19 yang telah dilakukan Angkasa Pura I.

Hal tersebut termasuk penerapan social distancing dan physical distancing, pengecekan dokumen kesehatan, dan pengecekan suhu tubuh tidak hanya bagi penumpang tetapi juga bagi mitra usaha dan seluruh personil yang bertugas di bandara.

Pihaknya juga memastikan kebersihan fasilitas publik seperti counter check in, trolly, self check in machine, SCP (Tray & X Ray), Toilet, Boarding Pass Scanner, Hand Rail, Armchair dan lain sebagainya.

"Pembersihan dilakukan secara berkala menggunakan desinfektan untuk memberikan rasa aman kepada penumpang saat sedang melakukan perjalanan," kata Amiruddin.

Ia menjelaskan, pihaknya juga mewajibkan petugas operasional menggunakan Alat Pelindung Diri (APD) mulai dari kacamata pelindung (goggles), masker, sarung tangan serta menyediakan cairan pembersih tangan atau hand sanitizer di area terminal.

Selain itu pelaksanaan 0hysical distancing pihak bandara juga telah melakukan pengaturan jarak antrian minimal 1,5 meter pada area check in, security check point, imigrasi, boarding lounge, garbarata, area bagasi serta area tunggu transportasi publik.

"Pedoman protokol kesehatan ini merupakan komitmen Angkasa Pura I untuk memberikan suatu rasa aman dan nyaman kepada seluruh calon penumpang jasa bandara dan mendukung upaya pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran COVID-19, " ujarnya.

Ditambahkannya, terkait kondisi trafik penumpang, terjadi penurunan yang cukup signifikan dibanding kondisi normal.

"Hal ini tentu dapat kita pahami, mengingat langkah-langkah yang diambil pemerintah terkait pembatasan perjalanan demi memutus mata rantai penyebaran virus. Kita semua pastinya berharap keadaan dapat segera membaik." ujarnya.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020