Bupati Maluku Tenggara, Maluku, M Thaher Hanubun, di Langgur Senin menyatakan, bersama DPRD setempat berupaya agar pembangunan jalan di wilayah Kei Kecil, salah satunya ruas jalan Ohoi Ohoinol dapat dikerjakan dan diselesaikan pada 2020.

Upaya ini disampaikan Bupati saat bersama DPRD Malra  mengunjungi Ohoi Ohoinal dalam rangka penyerahan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada warga penerima manfaat. Bupati bersama DPRD Malra menyempatkan diri meninjau jalan menuju Ohoi tersebut pada 30 Mei 2020.

Kepada warga Ohoinol, di sela-sela penyerahan BLT, Bupati menyatakan dirinya bersama rombongan menyempatkan diri melihat kondisi ruas jalan di Ohoinol.

"Untuk wilayah Kei Kecil, pengerjaan jalan aspal di Ohoi Laon, Dudunwahan, Sitnohoi sudah dikerjakan, maka pada 2020 juga pengerjaan ruas jalan ke Ohoi Ohoinol harus tuntas," katanya.

"Ketika saya dan Wakil Bupati dilantik, maka masuklah program pembangunan jalan menuju Ohoinol dengan persetujuan DPRD Malra telah dibangun sebagian," tandasnya.

Menurut dia, pada 2020 kembali pembangunan ruas jalan itu telah dianggarkan untuk sepanjang 1,6 kilometer, namun belum mencapai Ohoinol, masih kurang 500 meter lagi.

"Saya sudah membicarakannya dengan staf, khususnya bidang jalan dan jembatan dinas PUPR Malra, untuk merencanakan sisa jalan 500 meter tersebut, dan itu hanya menunggu persetujuan DPRD Malra khususnya Komisi III," kata Bupati.

Jika dikerjakan pada 2020 dengan tambahan 500 meter tersebut untuk sampai langsung ke Ohoi, maka tentu akan juga mengurangi biaya sewa alat, dan biaya untuk 500 meter itu dibayar pada tahun anggaran berikut.

Bupati pun meminta dukungan warga dan perangkat Ohoi untuk pembangunan jalan tersebut, jika ada satu dua tanaman milik masyarakat maka itu dapat diserahkan dan diselesaikan oleh pemerintah, sehingga tidak perlu ada pemalangan dan lainnya.

Wakil Ketua I DPRD Malra Albert Efruan menyatakan hal yang disampaikan Bupati sudah sangat jelas, dan secara tidak langsung Komisi III yang seluruhnya hadir di Ohoi Ohoinol menyetujui proses pembangunan jalan ke Ohoi tersebut.

"Sebelas anggota DPRD Malra yang hadir di Ohoi Ohoinol bersama Bupati saat ini akan bertanggung jawab untuk jalan ini," tegas Albert.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020