Personil Brimob Polda Maluku saat melakukan patroli dan imbau warga untuk memenuhi protokol kesehatan, Kamis (11/6). (Ist. Brimob Polda Maluku)
Personil gabungan Satuan Brimob Polda Maluku melakukan patroli di sejumlah wilayah di Kota Ambon, dan mengimbau warga mematuhi protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah, guna menangkal penyebaran pandemi COVID-19 di Ibu kota provinsi Maluku tersebut.

Patroli gabungan Satbrimob bersama Dit Sabhara, Propam, Dit Intelkam, Dit Binmas, Dit Polair, Dit Lantas Polda Maluku, dilakukan di sejumlah ruas jalan dan kawasan di Kota Ambon, Kamis.  

Patroli yang dilakukan menyasar sejumlah tempat yang menjadi pusat keramaian diantaranya SPBU, bank, pangkalan ojek, Indogrosir dan  Maluku City Mall (MCM), dengan menyampaikan imbauan terkait langkah-langkah penanganan pandemi COVID-19.

Komandan Peleton (Danton) 4 Kompi 1 Batalyon A pelopor Brimob Polda Maluku, Bripka D. Lulubay saat patroli tersebut, mengimbau para sopir angkot yang sedang beraktifitas untuk mengingatkan calon penumpangnya memakai masker dan selalu menjaga jarak.

Para sopir angkot juga diingatkan untuk mematuhi aturan mengangkut 50 persen penumpang dari jumlah kapasitas tempat duduk yang tersedia.

Saat mengunjungi pangkalan ojek para personil Brimob juga mengingatkan tukang ojek yang sedang mangkal agar selalu menggunakan masker dan menjaga jarak, termasuk menegur warga sedang beraktifitas yang tidak mengunakan masker.

Saat melakukan penertiban di sejumlah ruas jalan, personil gabungan juga melakukan penertiban penumpang di dalam angkot, dengan membatasi hanya enam orang penumpang.

Bripka Lulubay mengaku penertiban dilakukan tim gabungan dengan cara yang humanis, sehingga masyarakat lebih sadar untuk menerapkan protokol kesehatan, sebagai salah satu keharusan guna menekan penularan pandemi COVID-19 di ibu kota provinsi Maluku.

"Saudara-saudara saya harap dapat mematuhi imbauan pemerintah terkait protokol kesehatan untuk pencegahan virus Corona. Patuhi protokol kesehatan, jaga jarak serta cuci tangan setelah beraktivitas dan pakai masker jika keluar rumah," ujar Bripka Lulubay kepada warga.
Personil Brimob Polda Maluku saat melakukan patroli dan imbau warga untuk memenuhi protokol kesehatan, Kamis (11/6). (Ist. Brimob Polda Maluku)
Personil gabungan juga mengimbau warga berperan aktif bahu-membahu bersama Polisi dalam menciptakan lingkungan yang bebas dari kejahatan, termasuk pencurian, perampokan, penyalahgunaan narkoba dan tindak kejahatan lainnya.

"Dengan patroli rutin Insya Allah wilayah kita aman dan kondusif. Seringnya petugas melakukan patroli maka berdampak mengurangi niat dan kesempatan pelaku tindak kejahatan melancarkan aksi jahatnya," ujarnya.

Dia berharap imbauan yang disampaikan terus menerus kepada warga di Kota Ambon dapat berdampak menekan penularan COVID-19 di Ambon dan Maluku pada umumnya.
 

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020