Harga bawang merah yang ditawarkan para pedagang di lokasi pasar tradisional Kota Ambon, Maluku, empat hari lagi menjelang hari raya Idul Adha 1441 Hijriah pada 31 Juli 2020 bergerak turun menjadi Rp35.000/Kg.

Hasil pantauan di lokasi pasar Batu merah, pasar Mardika, dan pasar Lama, Senin, terlihat para pedagang menawarkan bawang dengan harga bervariasi yakni Rp35.000 hingga Rp36.000/Kg atau turun dari sebelumnya Rp40.000.

Sedangkan, harga bawang putih masih tetap bertahan Rp20.000/Kg, harga eceran bawang merah Rp5.000/kantung plastik kecil dan bawang putih  Rp3.000/tumpuk.

"Harga bawang merah sekarang sudah turun abang. Silahkan membeli, terserah mau kiloan atau eceran. Kalau bawang putih masih bertahan yakni Rp20.000/Kg," kata pedagang di pasar Mardika, Munir.

Ia mengatakan pedagang berharap harga yang sekarang ini di tingkat agen bisa bertahan hingga perayaan hari raya Idul Adha 1441 Hijriah. Begitu pun stok terjamin sehingga masyakat tidak perlu resah saat merayakan Idul Adha 1441 Hijriah.

Pedagang yang setiap hari berjualan di pintu keluar terminal Mardika, Jubaida juga mengatakan hal yang sama.

"Mudah-mudahan harga yang sekarang ini terus bertahan, sebab perubahan harga di tingkat sentra produksi maupun agen pemasok sudah pasti berubah juga di pedagang pasar tradisional. Apalagi sekarang ini stok bawang merah maupun putih cukup banyak," ujarnya.

Salah seorang pembeli, Eda yang ditemui mengatakan harga bawang merah memang bergerak turun, padahal biasanya menjelang hari raya pasti naik.

"Nanti kita lihat, dua hari menjelang perayaan hari raya ada perubahan harga atau tidak, mudah-mudahan masih terus bertahan," katanya.

Sementara itu, harga cabai merah biasa maupun cabai keriting panjang hingga kini masih bertahan yakni Rp45.000/Kg, eceran Rp7.000/cupa (ukuran satu kaleng susu kental manis), dan Rp3.000/tumpuk kecil.

Bumbu masak lain seperti jahe, kunyit, lengkuas, sereh, daun bawang, dan seledri, dipatok rata-rata Rp5.000/ikat.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020