Komandan Kodim (Dandim) 1504/ Pulau Ambon,  Letkol Inf Dominggus CA Soumokil menyatakan, program Tentara Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-108 pada 2020 merupakan perwujudan kekompakan TNI dan masyarakat.

Dandim saat penyerahan hasil TMMD ke-108 ke Pemerintah Kota (Pemkot) Ambon, Rabu, menyatakan pelaksanan TMMD difokuskan pada tiga lokasi yakni dusun Air Ali, dusun keranjang desa Wayame dan negeri Hutumuri.

"Program TMMD merupakan perwujudan kekompakan TNI dan masyarakat yang dilakukan di tiga lokasi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat," katanya.

Di masa pandemi COVID-19, pelaksanaan TMMD mengacu pada protokol kesehatan penanganan COVID-19. Di sisi lain, kegiatan TMMD memiliki peran yang strategis untuk membangkitkan kembali nilai-nilai luhur bangsa dengan semangat kebangsaan.

Target program bukanlah pekerjaan fisik tetapi interaksi dengan masyarakat, pendekatan guna tercipta kemanunggalan TNI dan masyarakat.

Sasaran fisik diprioritaskan untuk membangun infrastruktur serta fasilitas umum untuk mempercepat pembangunan perdesaan. Sedangkan sasaran non fisik, ditujukan untuk meningkatkan kesadaran masyarakat dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta menumbuhkembangkan semangat gotong-royong dalam rangka mencapai kesejahteraan masyarakat.

Program TMMD ke-108 dengan alokasi anggaran Rp1,2 miliar dengan sasaran pembangunan jalan link, rehabilitasi drainase di tiga lokasi.

"Dari target 30 hari kerja kita berhasil menyelesaikan di 25 hari kerja, dengan batasan protokol kesehatan untuk pembangunan fisik maupun non fisik tercapai," katanya.

Wali Kota Ambon Richard Louhenapessy menyatakan progam TMMD merupakan upaya menciptakan interaksi positif TNI dan masyarakat, sebagai bukti TNI berasal dari rakyat dan selalu bersama rakyat.

Program ini juga diharapkan masyarakat menerima manfaat ekonomis sosial dan aspek pembangunan, serta menumbuhkembangkan semangat kebersamaan .

"TMMD ini dipelopori dalam upaya menjaga nilai kultural bangsa yakni 'masohi' atau gotong royong di tengah ancaman berkerja dinilai dengan materi," tandas Wali Kota Richard.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020