Balai kesehatan mata Ambon -Vlissingen intensif maksimalkan pelayanan kesehatan yang modern bagi masyarakat.
Balai kesehatan mata Ambon -Vlissingen terus maksimalkan pelayanan kesehatan yang modern bagi masyarakat.

Mengatasi masalah kesehatan dari waktu ke waktu dilakukan peningkatkan pelayanan dan penambahan peralatan kesehatan mata yang modern, kata Kepala Balai Kesehatan Mata Ambon Vlissinge, Daniel Siegers.

"Kita menambah peralatan pelayanan yakni Inteligent reftactor, untuk mengukur ketajaman penglihatan dan koreksi kaca mata," katanya, Sabtu.

Alat tersebut katanya, digunakan untuk koreksi kaca mata, pemeriksaan retina, dan untuk pengukuran lensa intra okuler yang dipakai dalam operasi katarak.

Selain itu, merupakan alat biometri untuk mengukur kekatan lensa yang akan di tanam waktu operasi katarak, dan specular microscope untuk menilai lapisan kornea.

"Alat ini merupakan komitmen pemerintah untuk memberikan pelayanan kesehatan mata terbaik untuk masyarakat di Maluku, " katanya.

Sebelumnya balai kesehatan mata Ambon -m Vlisigen telah menerapkan teknik fakoemulsifikasi yaitu teknik operasi mata katarak terbaru menggunakan sebuah alat khusus atau laser katarak.

"Kita pada 2019 mulai menerapkan teknik operasi fakoemulsifikasi untuk proses operasi mata khususnya katarak," katanya.

Katarak  secara medis tidak diobati dengan obat-obatan, melainkan harus dilakukan tindakan pembedahan atau operasi katarak. Operasi katarak  disarankan ketika penglihatan sudah terganggu dan mengganggu aktivitas sehari-hari.

"Dengan teknologi dan peralatan yang modern operasi katarak tidak perlu menunggu lama atau menunggu katarak menjadi matang sebelum dilakukan operasi," katanya.

Daniel mengemukakan, peralatan di balai kesehatan mata Ambon - Vlisingen saat ini cukup lengkap untuk melayani masyarakat.

"Pemerintah kota Ambon berupaya sebisa mungkin menyediakan layanan kesehatan yang modern kepada masyarakat, " tandasnya.
 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020