Desa Negeri Lama kecamatan Teluk Ambon Baguala, Kota Ambon ditetapkan sebagai desa tangguh melalui upaya menekan pencegahan dan penyebaran COVID-19.

Desa negeri lama ditetapkan sebagai juara pertama lomba desa tangguh COVID-19 tingkat kota Ambon, saat peringatan HUT kota Ambon ke 445 tahun 2020, karena memenuhi sejumlah indikator penilaian, kata penjabat desa Negeri Lama, Ansyerin Horhoruw.

"Desa Negeri Lama ditetapkan sebagai desa tangguh lawan COVID-19 karena bebas kasus positif dan menyiapkan fasilitas penunjang penanganan dan pencegahan COVID-19," katanya, Senin.

Dikatakannya, desa negeri lama sejak awal COVID-19 berupaya melakukan pencegahan penyebaran dengan melibatkan seluruh unsur masyarakat desa.

Upaya tersebut dilakukan dengan membentuk tim relawan Gugus tugas COVID-19 yang terdiri dari tokoh agama, masyarakat, unsur TNI/Polri bersama masyarakat.

"Semua unsur terlibat dalam tim relawan yang semuanya merupakan warga desa Negeri Lama dan semuanya bekerja secara sukarela atau tidak dibayar," katanya.

Anayerin menyatakan, mewujudkan desa tangguh COVID-19, seluruh relawan melakukan pengawasan bagi masyarakat melalui patroli oleh Bhabinkamtibmas, babinsa dan relawan.

"Patroli dilakukan setiap hari untuk memastikan warga menggunakan masker, bahkan tidak segan bhabinkamtibmas dan babinsa menggunakan rotan jika ada warga yang tidak memakai masker," ujarnya.

Upaya lain yang dilakukan adalah menyiapkan tempat isolasi mandiri bagi pelaku perjalanan di puskesdes Negeri Lama.

Pelaku perjalanan menjalani karantina di puskesdes, dimana desa menyiapkan makanan didukung puskesmas Passo dan dinas kesehatan kota untuk proses pengobatan.

"Relawan juga rutin melakukan disenfektan dirumah warga serta menyiapkan tempat cuci tangan di setiap RT dan RW, agar masyarakat membiasakan diri menerapkan protokol kesehatan mencuci tangan, " katanya.

Sementara itu ketua tim relawan Gustu desa Negeri Lama Morits Tamaela menambahkan, desa Negeri Lama dengan 1.619 jiwa dan 471 kepala keluarga juga turut mensukseskan program gebak masker.

Pihaknya menyiapkan sebanyak 6 ribu masker untuk dibagikan ke masyarakat melalui tim PKK dan Bumdes.

Masker dibagikan sebanyak empat buah kepada setiap warga desa Negeri Lama. Tahap pertama telah dibagikan 2 ribu masker dan akan dilanjutkan di tahap dua dengan sasaran diterima seluruh masyarakat.

"Upaya penanganan dan pencegahan COVID-19 menggunakan anggaran dana desa dan alokasi dana desa," kata Morits.

 

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020