Komando Resimen (Korem) 152/Babullah,  Maluku Utara (Malut) menggelar operasi penanggulangan COVID-19 wilayah Kota Ternate selama tiga hari dalam upaya mengantisipasi penyebaran virus corona di daerah ini.

Danrindam XVI/Pattimura,  Kol Inf R Dwi T.Harsono, di Ternate, Jumat menyatakan, kegiatan latihan posko Korem 152/Babullah yang telah dilaksanakan selama tiga hari dan diselenggarakan oleh Rindam XVI/Pattimura dalam upaya mensimulasikan Satgas Korem 152/Babullah melaksanakan operasi penanggulangan COVID-19 di ibu kota Provinsi Malut.

Menurut dia, kegiatan latihan posko hari ke-3 ini merupakan puncak latihan,  di mana hasil yang telah dilaksanakan hari sebelumnya kemudian dituangkan dalam taktik analisis kerawanan sebagai gambaran langkah dalam penanggulangan COVID -19 di Kota Ternate sebagai episentrum penyebaran. 

Kegiatan diakhiri dengan kaji ulang yang dipimpin oleh Danrindam yang menyampaikan hasil dan kesimpulan selama pelaksanaan latihan.

Dalam kesempatan tersebut juga membacakan amanat Pangdam XVI/Pattimura yang menyampaikan latihan Posko I Korem 152/Babu.

, Kol Inf R Dwi T.Harsono menyatakan, kegiatan ini merupakan salah satu latihan taktis tanpa pasukan untuk melatih unsur komandan dan staf setingkat Korem dalam merencanakan suatu operasi serta merumuskan suatu keputusan operasi secara tepat dihadapkan kepada persoalan-persoalan yang ditimbulkan.

Selain itu, menguji kemampuan komandan dan staf dalam penerapan taktik, olah yudha serta komando dan kendali (Kodal) sebagai operasi guna membantu tugas pemerintah daerah dalam rangka menghadapi permasalahan virus corona.  

"Latihan tersebut diharapkan dapat menjadi bekal yang berharga bagi para komandan dan staf Korem dalam melaksanakan fungsi dan tanggung jawab jabatannya, sehingga dapat melaksanakan tugasnya dengan berhasil dan berdaya guna," katanya.
 
Latihan tersebut juga dapat dijadikan sebagai sarana untuk meningkatkan kinerja satuan dengan memupuk rasa kebersamaan dan jiwa korsa satuan dalam menghadapi tugas-tugas ke depan.

Kegiatan dihadiri oleh Kapoksahli Brigjen TNI Heri Safari, Danrindam XVI/Pattimura Kol Inf R Dwi T.Harsono, PJU Korem 152/Babullah, Para Pejabat dari Dinas terkait dan peserta latihan.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020