Sekretaris Daerah Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara (Malut), Salim Ganiru menjadi pasien COVID-19 pertama asal daerah ini yang dinyatakan sembuh berdasarkan hasilb tes usap PCR.

"Sesuai hasil pemeriksan yang dikirim dari Laboratorium Patologi Klinik RSU dr. Chasan Boesoirie Ternate. Senin (26/10), pasien pertama COVID-19 asal Pulau Taliabu, Salim Ganiru dinyatakan sembuh," kata Sekretaris Satuan Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Kabupaten Pulau Taliabu, Sutomo Teapon dihubungi dari Ternate, Selasa.

Dia mengatakan, Salim  akhirnya dinyatakan sembuh, setelah menjalani perawatan di RSUD dr Chasan Boesoeirie Ternate semenjak pekan lalu dan alhamdulillah, selama masa observasi, tidak ditemukan gejala dan tanda infeksi COVID - 19  sehingga dinyatakan sehat atau sembuh.

Sutomo menjelaskan bahwa metode Polymerase Chain Reaction(PCR) yang dipakai dalam pemeriksaaan laboratorium untuk mendeteksi keberadaan material genetic dari sel, bakteri maupun virus, sehingga pemeriksaan diagnostic ini yang dianggap paling akurat untuk memastikan terkonfirmasi menderita COVID -19 atau tidak.

"Menggunakan metode PCR untuk mendiagnosa COVID-19 tentu memberikan hasil yang akurat, terlebih dibawah dokter berpengalaman seperti dr. Dwi Handoko (spesialis paru)," ujarnya.

 Salim telah dinyatakannya sembuh, namun dirinya mengaku masih terus berkoordinasi dengan Ketua Satuan Tugas Kabupaten Pulau Taliabu, Pjs Bupati, Maddaremeng untuk memberikan keterangan lebih lanjut.

"Saya masih menunggu arahan Pjs Bupati, sehingga untuk keterangan lebih lanjut," katanya.

Secara terpisah,  Salim ketika dikonfirmasi mengungkapkan bahwa dirinya sudah sembuh secara total dan tidak merasakan gejala seperti pada umumnya pasien terkonfirmasi COVID-19.

"Saya sudah sembuh total, dan telah diperbolehkan untuk melakukan aktivitas seperti biasa," ujarnya.

Dia menyampaikan ucapan sebesar-besarnya atas segala perhatian dan dukungan yang diberikan terhadapnya.

"Terima kasih kepada Pemkab Pulau Taliabu, Dirut RSU Chasan Boesoerie Ternate, Kadis Kesehatan Provinsi Malut dr Idhar Sidi Umar, Kadis Kesehatan Pulau Taliabu Kuraysia Marsyaoly dan lebih khusus para peramedis yang setiap hari merawat di bawah komando dr. Handoko," ujarnya.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020