Komandan Satuan Brimob Polda Maluku Kombes Pol Muhammad Guntur menempatkan sejumlah personelnya pada beberapa lokasi karantina pasien COVID-19 maupun RSUD dr. M. Haulussy Ambon guna memberikan rasa aman kepada para tenaga medis.

"Untuk memberikan rasa aman bagi tenaga medis, personel Satuan Brimob Polda Maluku melakukan pengamanan di RSUD dr M Haulussy Ambon serta sejumlah lokasi karantina pasien COVID-19," kata Muhammad Guntur di Ambon, Rabu.

Menurut dia, pengamanan ini juga berkaitan dengan pelaksanaan pemantapan operasi Harkamtibmas di masa pandemi.

Sementara perwira padal pengamanan di RSUD M. Hsulussy Ambon, Iptu F. Patinasarani mengakui kegiatan pengamanan tersebut dilaksanakan sesuai instruksi langsung Dansat Brimob Polda Maluku dengan sasaran rumah sakit dan rumah singgah yang menangani pasien corona.

"Seperti yang sudah kita ketahui, adanya beberapa kejadian di wilayah lain tentang pasien COVID-19 yang diambil paksa pihak keluarga, sehingga kami dari Brimob Maluku melakukan pengamanan," kata Pattinasarani.

Ia menjelaskan personel yang terlibat pengamanan ini akan mengedepankan upaya-upaya preventif dengan sikap yang humanis dalam pelaksanaan tugasnya, namun bilamana upaya tersebut tidak diindahkan maka personil yang bertugas akan melakukan tindakan tegas dan terukur.

"Apabila terjadi hal-hal yang tidak diinginkan di tempat pelaksanaan pengamanan, saya perintahkan personel untuk segera melaporkan guna dilakukan tindakan-tindakan hukum yang sesuai dengan aturan," katanya.

Wakil Komandan Kompi 4 Batalyon A Pelopor Satuan Brimon Polda Maluku, Ipda Muhamad C.A. Hukom menambahkan kegiatan pengamanan tersebut bertujuan untuk memberikan rasa aman kepada tenaga medis baik yang bekerja di rumah sakit maupun di lokasi karantina.

"Saya juga telah berpesan kepada setiap personel yang bertugas agar tetap memperhatikan keselamatan dirinya dan lakukan tugas sesuai dengan SOP serta menerapkan protokol kesehatan agar terhindar dari virus corona," ujarnya.

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020