Manajemen PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara (Malut) mendirikan koperasi bagi karyawannya dalam upaya meningkatkan kesejahteraan karyawan di perusahaan itu.
 
Manajer Komunikasi Perusahaan PT. NHM, Ramdani Sirait dihubungi dari Ternate, Selasa, mengatakan, koperasi karyawan tersebut secara kelembagaan sudah diakui oleh Pemkab Halut, hanya menunggu proses selanjutnya terkait pengesahan oleh Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham).

Pengurus Koperasi tersebut sudah dikukuhkan pada 2 November 2020 , di area parkir motor di depat Front Gate, Site Gosowong. 

Acara tersebut dihadiri oleh Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Halut, Suwarno Tonggo-Tonggo dan Kepala Bidang Perizinan dan Kelembagaan Koperasi dan UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Halut, Mersy F. Pattikawa, salah satu Pimpinan Badan Serikat Pekerja PT. NHM, Fortivaib Manihing dan perwakilan Badan Serikat lainnya, serta Pengurus Koperasi Karyawan PT. NHM. Manajemen PT. NHM pada acara tersebut diwakili oleh General Manager Perencanaan dan Produksi, Rado Lawolo, Acting Manager SDM, Irfan Esali Arief.

Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Halut Suwarno Tonggo Tonggot mengatakan, pihaknya sangat mengapresiasi PT NHM yang sangat memperhatikan kesejahteraan karyawannya. Jumlah karyawan yang bisa dikatakan membludak tentu Koperasi tersebut bakal menjadi sangat besar. 

Akan tetapi diharapkan pengurus koperasi harus bekerja secara profesional dan  transparan, sehingga dengan sering melihat banyak koperasi sudah didirikan  dengan sangat bagus diawalnya, namun dalam pelaksanaannya mengalami masalah karena adanya konflik-konflik di internal koperasi. 

"Jadi pesan saya, kelola koperasi ini dengan professional. Dinas Koperasi dan UMKM siap membantu jika diperlukan nantinya," tandas Suwarno. 

Sedangkan, Rado Lawolo menyampaikan terima kasih kepada Pemkab Halut melalui Dinas Koperasi dan UMKM yang telah mendukung terbentuknya Koperasi kini. 

Dia juga mengapresiasi Badan Serikat Pekerja PTNHM yang telah bekerja keras mempersiapkan terbentuknya koperasi ini.


 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020