Dinas Kesehatan (Dinkes)  Kota Ternate, Provinsi Maluku Utara, akan mengerahkan sebanyak lima unit Puskesmas keliling (pusling) untuk melayani masyarakat di pulau terpencil dan terluar di daerah itu untuk pelayanan kesehatan.

"Kami menyediakan lima unit pusling ini agar masyarakat di daerah terpencil dapat merasakan pelayanan kesehatan secara memadai," kata Kepala Dinas Kesehatan Kota Ternate, Nurbaiti Rajabessy di Ternate, Jumat.

Dinas Kesehatan Kota Ternate sendiri berupaya untuk memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, terutama di daerah terpencil dan terluar seperti Pulau Moti, Pulau Hiri hingga Batang Dua.

Puskesmas Keliling nanti akan diserahkan ke Kecamatan Pulau Batang Dua, Pulau Moti dan Pulau Hiri karena mengingat ke tiga daerah itu sebagai pulau terpencil dan terluar dan infrastruktur jalan mereka tak selebar seperti jalan di Pulau Ternate.

Oleh karena itu, selama ini ketiga daerah itu, memang ada mobil ambulance dari Puskesmas namun terkendala tidak bisa melewati saat menjangkau masyarakat di pelosok dan dengan adanya puskesmas keliling ini diharapkan memudahkan masyarakat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan saat berobat ke puskesmas setempat.

"Kami harapkan, dengan adanya fasilitas pusling maka masyarakat tidak lagi kesulitan soal pelayanan kesehatan, karena kehadiran pusling juga selain melayani, juga akan terus menyosialisasi dan mempromosi tentang program kesehatan," ujarnya.

Sehingga, dalam tahap pertama lima unit ini dapat memaksimalkan dan dinilai efektif maka ke depannya dinas kesehatan rencana akan pengadaan yang lebih banyak guna memudahkan petugas kesehatan di lapangan dalam memberikan pelayanan kesehatan secara baik.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020