Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut), mewujudkan kampung tangguh ketahanan pangan guna mendukung program pemerintah yakni ketahanan pangan terkhusus di masa pandemi COVID-19.

"Kita sedang menghadapi suatu musibah berupa wabah virus corona  yang berdampak kepada sosial, budaya, ekonomi maupun situasi keamanan, untuk itu perlu kita bersinergi antara kelompok masyarakat, terutama yang memiliki lahan yang bisa digarap  bersama  kelompok masyarakat serta Bhabinkamtibmas agar  dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin," kata Kapolda Malut, Irjen Pol Risyapudin Nursin di Ternate, Kamis.

Program yang digagas oleh Direktorat Pembinaan Masyarakat (Dit Binmas) Polda Malut ini, bekerja sama dengan masyarakat, Polda Malut yang dipimpin  Kapolda  Risyapudin didampingi beberapa pejabat utama melaksanakan panen raya bertempat di Kelurahan Sasa, Kecamatan Ternate Selatan, Kota Ternate pada Kamis (3/12).

Program kampung tangguh ketahanan pangan ini merupakan bentuk penjabaran Instruksi Presiden Republik Indonesia Joko Widodo dalam upaya mendukung percepatan pemulihan ekonomi nasional di masa pandemi COVID-19.

Kapolda menyampaikan, dalam mengatasi COVID-19, diharapkan seluruh masyarakat, termasuk petani sekalian tetap menerapkan protokol kesehatan  yakni mengunakan masker, menjaga jarak, mencuci tangan (3M)  dan tidak berkerumun. 

 Kapolda mengajak masyarakat agar bersama-sama dalam pemulihan ekonomi demi terciptanya ketahan pangan di masa pandemi COVID-19.

Dia juga mengapresiasi pemilik lahan Suyanto, masyarakat Kelurahan Sasa, Kapolres Ternate dan Bhabinkamtibmas Kelurahan Sasa Brigpol Surahmat yang mana sebagai pengerak terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat telah bersama-sama merealisasikan program pemerintah dalam percepatan pemulihan ekonomi nasional, yakni program kampung tangguh ketahanan pangan dengan menanam berbagai tanaman sayur mayur.

Dalam kegiatan tersebut Kapolda Malut  juga membagikan paket sembako, alat pelindung diri berupa masker, hand sanitizer, obat-obatan, vitamin, madu, serta pupuk urea untuk digunakan keperluan pertanian masyarakat Kelurahan Sasa.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020