Tim supervisi dari Mabes Polri dipimpin Brigjen Pol Bambang Priyambadha memantau penyelenggaraan Pilkada serentak pada 9 Desember 2020 di Kabupaten Kepulauan Aru, Maluku Barat Daya, Buru Selatan dan Kabupaten Seram Bagian Timur.

"Maksud kedatangan tim untuk melakukan peninjauan kesiapan pelaksanaan Pilkada serentak 2020 pada empat kabupaten di daerah ini," kata Brigjen Bambang dalam pertemuan dengan Wakapolda Maluku, Brigjen Pol Jan de Fretes di Ambon, Senin.

Menurut dia, dalam pelaksanaan supervisi ini diharapkan dapat memberikan masukan tentang pelaksanaan pengamanan Pemilu di empat kabupaten sehingga prosesnya terlaksana dengan sukses dan damai.

Sebelumnya Polda Maluku telah mengerahkan 775 personel Bawah Kendali Operasi untuk melaksanakan operasi Mantap Praja atau Pengamanan Pilkada tahun 2020 pada empat kabupaten di Maluku.

Kapolda berpesan kepada para personel BKO untuk memperhatikan beberapa hal selama melaksanakan tugas pengamanan hingga pelantikan calon kepala daerah terpilih.

"Kita melaksanakan apel untuk menunjukan kesiapan dalam memberikan dukungan di empat Kabupaten yang sebentar lagi akan menyelenggarakan pemungutan suara," tandasnya.

Dia juga mengaku saat ini di empat kabupaten penyelenggaraan Pilkada serentak 2020 yaitu Kabupaten Buru Selatan, Seram Bagian Timur, Maluku Barat Daya dan Kabupaten Kepulauan Aru saat ini memasuki masa tenang. 

Pemungutan suara merupakan hal yang ditunggu oleh seluruh lapisan masyarakat pemilih, pemerhati, bahkan juga media massa.

"Justru itu komitmen kita adalah semua tahapan Pilkada harus terlaksana dengan aman, baik, tertib, lancar, dan damai pada saatnya," tegas Kapolda.

Dia juga meminta para personel memberikan jaminan keamanan penyelenggaran pemilu hingga massa tenang, pemungutan suara, bahkan sampai pada penetapan pasangan calon kepala daerah.
 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2020