Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) pada Senin melakukan penyemprotan disinfektan di dua ohoi (desa) yakni Iso dan Rewav, Kecamatan Kei Kecil Timur, karena kekhawatiran warga akan sampah medis di TPA sekitar tempat tinggal mereka.

"Penyemprotan disinfektan dilakukan akibat kekhawatiran warga Iso dan Rewav yang berdekatan dengan TPAS (Tempat Pembuangan Akhir Sampah) milik Pemkab Malra," kata Staf Ahli Bupati, Martinus Mon yang memimpin kegiatan tersebut.

Menurut dia, kekhawatiran warga di dua ohoi tersebut muncul akibat TPAS Iso beberapa waktu lalu menerima sampah dari rumah sakit, termasuk sampah milik pasien COVID-19 dan Alat Pelindung Diri (APD) bekas pakai petugas medis.

Penyemprotan disinfektan dilakukan oleh gabungan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) lingkup Pemkab Malra.

Selain penyemprotan, tim medis Dinkes Malra juga melakukan Rapid Test anti bodi terhadap empat belas (14) petugas dan karyawan TPAS Iso, dan hasilnya semua non-reaktif atau bebas COVID-19.

Tim medis itu juga memberikan sosialisasi protokol kesehatan 3M (mencuci tangan, memakai masker dan menjaga jarak) yang harus dilakukan masyarakat.

Sementara itu, tim medis didukung petugas TNI dan Polri melakukan operasi yustisi pemakaian masker terhadap para pengendara roda dua dan empat.

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : John Nikita S


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021