PT. Angkutan Sungai Danau dan Penyeberangan (ASDP) Cabang Ambon akan menambah frekuensi pelayaran bagi KMP Layur guna mengisi lintasan dermaga Uneputi, di Pulau Saparua menuju dermaga Waai, Pulau Ambon.

"Kami sementara menunggu ijin dari Pemerintah Maluku Tengah terkait lintasan Uneputi-Waai yang masuk dalam kawasan pemerintahan Kabupaten Maluku Tengah," kata Manajer Operasional PT. ASDP Cabang Ambon Syamsuddin Tanassy, Selasa.

Bila ijin sudah ada, kata dia, maka transportasi laut bagi masyarakat dari Pulau Saparua yang mau datang ke Ambon maupun sebaliknya akan lancar.

Syamsuddin menjelaskan, pada lintasan tersebut selama ini memang dilayani oleh KMP. Samandar dengan rute pelayaran dari pelabuhan Waai - Uneputi - Nalahia, Pulau Nusalaut sampai ke pelabuhan Amahai, Pulau Seram, Kabupaten Maluku Tengah.

Sesuai jadwal, pada Senin KMP. Samandar berlayar dari pelabuhan Wai - Uneputi - Nalahia dan kembali lagi ke Waai. Pada Selasa, lintasannya agak panjang yakni Waai - Uneputi - Nalahia - Amahai dan kembali ke Wai pada Rabu.

Pada Kamis, lintasan yang dilalui yakni Waai - Uneputi - Nalahia dan kembali ke Wai. Pada Jumat, lintasan diperpanjang sampai pelabuhan Amahai, dan menginap sampai hari Minggu baru kembali lagi ke Waai.

Selama ini KMP Layur beroperasi pada lintasan Wailei - Uneputi, tetapi nanti pada setiap Selasa dan Jumat akan mengisi jalur Waai - Uneputi.

"Jadi nanti setiap  Selasa dan Jumat KMP. Layur akan mengisi jalur tersebut dengan perhitungan waktu berlayar yakni pada pukul, 11.00 WIT kapal bertolak dari pelabuhan Uneputi, Pulau Saparua menuju Pelabuhan Waai Pulau Ambon, dan akan kembali ke Uneputi pada sore hari, kemudian pada hari Jumat dengan perhitungan yang sama," ujar Syamsuddin.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021