Puluhan personil Polda Maluku yang tergabung dalam tim Operasi Aman Nusa II gencar melakukan upaya pencegahan penyebaran virus corona melalui berbagai kegiatan nyata di lapangan.

"Kegiatan yang dilakukan berupa sosialisasi protokol kesehatan, pengamanan tempat penyimpanan vaksin COVID - 19, patroli kamtibmas, pengaturan kemacetan lalulintas dan penyemprotan cairan disinfektan," kata Kabid Humas Polda Maluku, Kombes Pol M. Roem Ohoirat,  di Ambon, Rabu.

Gabungan personil dari Bidhumas, Ditbinmas, Ditsamapta dan Satbrimob Polda Maluku ini menyasar sejumlah tempat rawan penyebaran virus corona seperti pemukiman penduduk dan fasilitas umum.

Menurut dia, pasukan yang tergabung daam Operasis Aman Nusa II ini setiap harinya diterjunkan untuk menangani penyebaran COVID-19 untuk membantu pemerintah dalam menekan angka penderita yang terpapar virus corona.

Dia mengemukakan, tim yang dikerahkan juga senantiasa menjalani pemeriksaan suhu tubuh dan kondisi kesehatan.

"Jadi selama pelaksanaan operasi di lapangan kondisi personil selalu dipantau sebab dengan  personil yang sehat dan stabil akan berdampak pada pelaksanaan tugas dan hasil yang maksimal," ujar Roem. 

Pemantauan kesehatan personil sebelum dan sesudah melaksanakan tugas penting dilakukan karena tugas yang diemban mereka termasuk berat dan berhadapan dengan banyak orang serta rentan tertular virus corona.

Untuk diketahui, belasan personil Polda Maluku dipimpin AKBP J. Wattimena dan tim terdiri dari dua personil Bidhumas, enam anggota Ditbinmas, 14 Ditsamapta dan 10 Satbrimob Polda Maluku.

Khusus penyemprotan cairan disinfektan melibatkan Subden III KBR Detasemen Gegana Satbrimob Polda Maluku. Tim ini dipimpin perwira pengendali Iptu A. Manulang.

 

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021