Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Maluku Utara (Malut) menyatakan pembangunan jalan lingkar Maitara,  Kecamatan Tidore Utara belum diakomodir pada 2021 akibat anggaran terbatas.  

"Dinas Pekerjaan Umum sedang fokus membangun kegiatan-kegiatan lain di tahun anggaran 2020 yang belum tuntas dan dilanjutkan ke 2021," kata Kadis PU Kota Tikep, M. Ade Soleman di Ternate, Senin.

Dia mengemukakan, kegiatan pembangunan lain menjadi fokus untuk program baru, sesuai dengan anggaran yang telah di-refocusing. 

Program yang dilanjutkan ke 2021 antara lain kegiatan pelayaran Sail Tidore, pembangunan jalan di Kelurahan Tambula ke Lobi, jalan Topo Tiga -Topo, pekerjaan hotmix jalan di Tomolou, dan jalan di Dokiri.

Ade mengaku tidak mengetahui anggaran pembangunan jalan lingkar Maitara, tetapi yang pasti anggarannya bertahap dan melalui Dana Alokasi Khusus (DAK).  

"Saya tidak hafal semua program pada 2021 yang akan dibangun. Jadi silahkan mengecek ke Kabid Bina Marga atau Kabid SDA,” katanya. 

Direncanakan total anggaran pada 2021 berkisar Rp81 miliar lebih terdiri dari  DAK Rp11 miliar, dana Dana Alokasi Umum (DAU) sebesar Rp70 miliar, termasuk di dalamnya adalah gaji pegawai. 

Proyek jalan lingkar Maitara sebelumnya dianggarkan sebesar Rp16 miliar pada tahun 2018.

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021