Anggota DPD-RI asal Maluku Utara (Malut), Husain Alting Sjah mengharapkan dukungan masyarakat Kota Tidore Kepulauan dalam mendukung even nasional Sail Tidore yang digelar September 2021 mendatang.

"Walau pun pelaksanaan Sail Tidore masih September2021 , saya berharap kepada masyarakat Kota Tidore Kepulauan agar saling mendukung agar even ini  bisa terlaksana sesuai harapan," katanya di Ternate, Kamis.
 
Dia menyatakan, di bawah kepemimpinan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan,  Ali Ibrahim -  Muhammad Sinen ini menjadikan Sail Tidore bagian dari momentum bersejarah yang mendapat respon,  terutama Pemerintah Pusat. 

Selain pelaksanaan Sail Tidore , agenda terpenting dalam kedatangan kapal Latih Juan Sebastian De Elcano ini, direncanakan berlabuh di pantai Tugulufa pada  27 Maret 2021. 

"Sail Tidore ini, tentunya sebagai wujud dari memperingati 500 tahun perjalanan Juan Sebastian De Elcano mengililingi dunia. Kegiatan ini, sebuah kehormatan besar bagi Tidore. Untuk itu, perlu dicontohkan dan disambut secara baik, karena mereka  di luar saja, masih mengingat dan merawat dengan baik tentang arti dan nilai sejarah," Husain Alting Sjah yang juga Sultan Tidore tersebut.

Menurutnya, Sail Tidore ini, mesti mengambil contoh dari bangsa-bangsa di luar negeri  yang masih mengakui nilai-nilai sejarah. Sebab, sesuatu yang baik, perlu dijaga dan dilestarikan menjadi warisan bagi anak cucu kemudian hari. 

Ketika ditanya tentang kehadiran Sultan Tidore H. Husain Sjah dalam pelaksanaan Sail Tidore, dia berjanji akan menyempatkan waktu untuk menghadiri kegiatan penyambutan kapal latih tersebut. 

Bahkan Husain Sjah, akan mengarahkan seluruh jajaran Kesultanan sampai di tingkat Bobato Adat untuk mendukung kedatangan kapal latih itu. 

"Bagi saya, inilah anugerah besar yang diberikan oleh sang pencipta kepada kita. Olehnya itu, momentum ini, harus diambil demi merajut kembali kebersamaan dan menyudahi perbedaan, akar tidak menghambat pembangunan di Tidore Kepulauan," ujarnya.

Secara tidak langsung, dengan melihat Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tidore Kepulauan saat ini, mereka sudah membuka diri untuk membangun Tidore, karena inilah wujud pemimpin yang bijak dan arif. 

"Momentum Sail Tidore 2021 nanti, Pemerintah Daerah mampu bergeming dengan Pemerintah Pusat untuk membicarakan masa depan Kota Tidore Kepulauan. karena daerah ini memiliki sejarah besar bagi Republik Indonesia yang harus diperhatikan secara baik oleh Pemerintah Pusat," katanya.

Sultan Tidore ini menegaskan, dalam beberapa kali pertemuan dengan Pemerintah Pusat, dirinya bersama Wali Kota Tidore Kepulauan dan Pjs. Sekretaris Daerah telah menindaklanjuti hingga sampai saat ini. 
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021