Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean C Ternate, bekerjasama dengan Polairud Polda Maluku Utara (Malut) intensif menggelar patroli guna menciptakan kenyamanan dan keselamatan bagi aktivitas pelayaran di daerah tersebut.

"Ini adalah salah satu wujud kegiatan yang sangat positif sekali dengan tujuan menciptakan kenyamanan dan keselamatan di perairan," kata Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Ternate, Dicky Hadi Pratama di Ternate, Selasa.

Dia menyatakan, kegiatan ini dilakukan selama tiga hari berturut-turut untuk memantau situasi dan kondisi di lapangan khususnya wilayah perairan kota Ternate dengan melibatkan 10 personel Bea Cukai dan 20 anggota Polairud.

Sedangkan, Direktur Polairud Polda Malut, Kombes Pol.  Djarod Agung Riadi menyatakan kerja sama ini berdasarkan nomor PKS/47/VIII/2020 tentang peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.

"Kerja sama ini adalah awal sehingga, kedepannya kita akan mengagendakan yang lebih rutin lagi dalam pelaksanaan pengawasan di perairan Malut, karena Bea Cukai mempunyai tugas yang khusus yaitu mengamankan penerimaan negara dari sektor pemasukan atau pengeluaran barang dari dalam negeri ke luar negeri," katanya.

Olehnya itu, dari pihak Polairud pengawasannya sangat luas dengan sumberdaya yang juga jauh lebih banyak dari yang dimiliki Bea Cukai.

"Namun begitu, mereka sebagai aparat penegak hukum semuanya memiliki kepentingan yang sama untuk mewujudkan wilayah yang tertib damai dan seluruh peraturan perundangan yang berlaku di negara ini," katanya.

Dia menambahkan, kerjasama ini sebagai wujud yang baik antara Polair dan Beacukai berdasarkan petunjuk pimpinan mereka di Jakarta.

Sebelumnya, kedua institusi ini menggelar apel gabungan dalam rangka melakukan patroli di wilayah perairan kota Ternate sebagai implementasi serta arahan dari pimpinan pusat Bea dan Cukai Republik Indonesia.

Hal ini dilakukan berdasarkan instruksi dari Bea dan Cukai Republik Indonesia dengan nomor Kep-193/BC/2020 tentang peningkatan sinergi tugas operasional dan sumber daya dalam pelaksanaan tugas dan fungsi.
 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021