Kepolisian Resor (Polres)  Maluku Tengah (Malteng)  menggelar kegiatan Mangente Kamtibmas (Mengemas) untuk menjaga situasi dan kondisi keamanan di Kabupaten ini  selama Bulan Suci Ramadhan 1442 Hijriah  yang dimulai sejak hari pertama puasa.

Kapolres Malteng, AKBP Rositah Umasugi yang dihubungi dari Ambon, Kamis menjelaskan, kegiatan ini dilaksanakan oleh jajaran Polres khususnya Satuan Binmas Polres Malteng.

Kegiatan tersebut sudah dimulai dari Masjid Al-Ijtihad di Desa Administrasi Yainuelo, Kecamatan Amahai.

"Mengemas dilakukan dalam rangka menjaga kamtibmas maupun tingkatkan ketakwaan kita kepada Allah SWT, telah kita laksanakan di masjid Al-Ijtihad Yainuelo," ujarnya.

Menurut dia, kegiatan Mengemas di Desa Yainuelo diawali dengan Shalat Isya berjamaah bersama jamaah masjid itu dilaksanakan dengan memberikan pesan-pesan kamtibmas lewat mimbar masjid.

Ceramah kamtibmas dan penyampaian pesan-pesan Ramadhan disampaikan oleh Bripka Irawan Karepesina, setelah itu baru dilanjutkan dengan Sholat Tarawih.

Kapolres mengatakan, inti dari pesan Kamtibmas itu yakni menjaga situasi dan kondisi keamanan masyarakat di bulan Suci Ramadhan, sehingga pelaksanaan ibadah berjalan dengan baik agar mendapatkan keberkahan dari bulan penuh maghfirah (ampunan) ini.

"Bulan Puasa ini merupakan bulan yang penuh ampunan sehingga harus kita kejar untuk melaksanakan amalan-amalan yang ada di bulan Ramadhan ini dengan senantiasa menjaga kamtibmas agar bisa meraih kemenangan saat Idul Fitri nanti," katanya.

Seluruh lapisan masyarakat di wilayah Kabupaten Maluku Tengah juga diimbau untuk tetap menjaga situasi dan kondisi keamanan di bulan Ramadhan ini.

"Kegiatan Mengemas ini dilaksanakan dari Masjid ke Masjid selama bulan Ramadhan. Oleh karena itu kita ajak seluruh masyarakat untuk membantu kami jaga kondisi keamanan dan ketertiban yang bukan saja menjadi tanggung jawab aparat keamanan semata melainkan tugas kita semua di daerah ini," kata Kapolres.
Polres Maluku Tengah melaksanakan kegiatan Mangente Kamtibmas di wilayah hukumnya selama bulan suci Ramadhan 1442 Hijriah dengan mendatangi seluruh masjid untuk menyampaikan ceramah Ramadhan serta pesan kamtibmas melalui mimbar-mimbar masjid. (15/4) (daniel leonard)

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021