Rumah Sakit Tingkat III Bhayangkara Ambon, Provinsi Maluku, saat ini telah memiliki laboratorium PCR (Polimerase Chain Reaction) guna pemeriksaan COVID-19.

"Hari ini kami meresmikan gedung laboratorium PCR, gedung pemulasaran jenazah, dan ICU di RS Bhayangkara," kata Kapolda Maluku Irjen Pol Refdi Andri di Ambon, Senin.

PCR merupakan pemeriksaan yang menggunakan teknologi amplifikasi asam nukleat virus guna mengetahui ada atau tidaknya virus atau DNA virus untuk memperkirakan jumlah virus dalam tubuh seseorang sehingga bisa diketahui jenisnya (genotipe atau subgenotipe) yang menginfeksi tubuh.

Baca juga: Pemkab Halut miliki laboratorium PCR

Peresmian tiga bangunan baru kini sekaligus untuk memperingati Hari Ulang Tahun Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polri yang ke-75. 

"Kegiatan ini dilakukan dalam rangka hari Biddokkes Polri yang ke 75, yang juga bersamaan dengan hari Bhayangkara ke 75 yang jatuh pada 1 Juli 2021 nanti," ujarnya.

Kapolda juga menyampaikan terimakasih kepada Pemprov Maluku yang sudah mendukung dan mempercayakan Polda Maluku untuk bersama menanggulangi penyebaran COVID-19. 

"Pemerintah sudah mendukung kita dengan sangat baik, dan mempercayakan bahwa kita akan melaksanakan kegiatan penanggulangan COVID-19 sehingga dibangun laboratorium PCR beserta peralatan pendukung dan sudah ada tenaga medisnya," ucap Kapolda.

Baca juga: GTPP COVID-19 Malut serahkan mesin PCR ke RSUD Chasan Boesoirie

Dia menambahkan, tiga gedung baru yang diresmikan ini diharapkan bisa meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di Maluku menjadi lebih baik.

"Jadi rumah sakit ini diberikan suport yang sepenuhnya oleh pemerintah daerah, termasuk pimpinan rumah sakit yang ada di Maluku," kata Kapolda.

Pada sejumlah kegiatan menyongsong HUT Biddokkes ini, Kapolda didampingi Wakapolda Brigjen Pol Jan de Fretes, Kabid Dokkes Kombes Pol. dr. Subur, dan sejumlah pejabat utama Polda Maluku, termasuk Kadinkes provinsi,dr. Meykal Pontoh, Kadinkes Kota Ambon drg. Wendy Pelupessy, dan Kepala RS Bhayangkara Kompol dr. Chandra Tanoeisan. 

Baca juga: Kapolda : Sosialisasi asuransi kecelakaan harus cakup semua Polres di Maluku. begini penjelasannya
Baca juga: Kapolda Maluku ingatkan penyidik dalami kasus penipuan Yayasan Anak Bangsa

Pewarta: Daniel Leonard

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021