Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Malra), Provinsi Maluku dalam mendukung Program Nasional "Serbuan Vaksinasi Massal" yang serentak dilaksanakan pada Sabtu (26/6) guna mencegah penularan COVID-19, menggelar vaksinasi pada sejumlah titik di wilayah tersebut dan berjalan lancar.

Dinas Kesehatan setempat melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Abdul Azis, di Tual, Minggu, memastikan dukungan dan kelancaran program tersebut.

Jelas Azis, vaksinasi kemarin kita sudah lakukan guna mendukung program Serbuan Vaksinasi bekerjasama dengan TNI-POLRI, yang dipusatkan di dua tempat yakni gedung Serbaguna Pemda dan juga di Markas Komando Militer 1503 Tual.

"Warga Malra antusias mengikutinya, dimana jumlah total yang divaksinasi kemarin sebanyak 693 orang," ujar Azis.

Baca juga: 56.038 warga Ambon telah divaksinasi COVID-19, begini penjelasannya

Dijelaskan, jenis vaksin yang diberikan kepada warga (pelayan publik) yakni vaksin Sinovac, dimana diberikan langsung oleh petugas medis yang sudah disiapkan di lokasi vaksinasi.

Untuk lokasi di gedung serbaguna, petugas medis yang bertugas berasal dari Puskesmas Rumat, Debut dan Ibra, sementara di Makodim 1503 petugas medis yang bertugas yakni dari Puskesmas Watdek dan Kolser, dimana semua orang yang di vaksin dilayani sesuai prosedur vaksinasi.

Selain dipusatkan pada dua titik di daratan Kei Kecil tersebut, Azis menerangkan bahwa vaksinasi juga dilakukan di wilayah daratan pulau Kei Besar Malra, dimana pada sejumlah desa (Ohoi) petugas medis dari puskesmas setempat turun kemasyarakat untuk divaksin seperti di Soinrat dan Tamangil.

Baca juga: Pemkab Tanimbar targetkan layanan vaksinasi massal jangkau 1.000 orang dalam sehari, begini penjelasannya

Disinggung terkait vaksinasi kepada warga di Malra selama vaksinasi terutama bagi tenaga medis, pelayan publik, dan warga lanjut usia (lansia) mengalami peningkatan, dimana terus diggerakkan petugas medis di puskesmas untuk melakukan vaksinasi. 

Azis merinci, untuk Malra secara keseluruhan jumlah orang yang telah divaksin yakni untuk tenaga medis berjumlah 1.042 orang (dosis pertama) dan dari situ 1.011 orang sudah diberi dosis kedua, untuk pelayan publik berjumlah 3.929 orang dosis pertama selanjutnya dosis kedua sudah diterima oleh 3.007 orang, kemudian untuk lansia yang telah divaksin berjumlah 556 orang dosis pertama, selanjutnya dosis keduanya sudah 246 orang.

Dari jumlah tersebut maka sudah untuk Malra kini sudah mencapai 41 persen, oleh karena itu kami terus berupaya untuk meningkatkan terus pemberian vaksin diwilayah ini, pungkas Azis.

Baca juga: Pangdam XVI/ Pattimura ajak masyarakat ikut Vaksinasi massal COVID-19, begini penjelasannya

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021