PT Permodalan Nasonal Madani (PNM) Cabang Ambon akan  menyalurkan bantuan tahap kedua tanggap bencana kepada para penyintas gempa Magnitudo 6,1 di Kecamatan Tehoru, Kabupaten Maluku Tengah (Malteng).

"Kami dalam pekan ini akan menyalurkan lagi bantuan tanggap bencana gempa di Kecamatan Tehoru tahap kedua. Bantuan tahap pertama sudah disalurkan ke Desa Tehoru pada 26 Juni 2021," kata Pimpinan PT PNM Cabang Ambon,  Ridul Akbar di Ambon, Senin.

Ia mengatakan selain bagian dari tanggung jawab sosial (Corporate Social Responsibility - CSR) dan bina lingkungan, bantuan yang disalurkan adalah bentuk keprihatinan PT PNM Cabang Ambon kepada masyarakat yang terdampak langsung gempa.

Bantuan tanggap bencana tahap pertama yang disalurkan pada 26 Juni 2021 adalah 135 paket sembako berisi beras, gula pasir, mie instan dan sejumlah kebutuhan masyarakat lainnya. Bantuan tahap kedua akan lebih banyak dari yang sebelumnya.

Bantuan tahap kedua yang akan disalurkan dalam pekan ini berasal dari dana yang dikelola PT PMN Cabang Ambon dan sumbangan karyawan.

Karena itu, tidak hanya untuk para pengungsi, penyaluran bantuan tahap dua akan diprioritaskan kepada para nasabah PT PNM, khususnya mereka yang sudah lanjut usia (lansia), maupun yang memiliki anak, tapi belum mendapatkan bantuan tanggap bencana.

"Untuk tahap kedua ini kami masih sementara melakukan pendataan, karena selain kebutuhan pokok mungkin saja mereka juga membutuhkan terpal untuk tenda, tikar dan perlengkapan lainnya ," kata Ridul.

PT PNM, kata Ridul lagi, memiliki kantor unit pelayanan nasabah di Tehoru, dan letaknya di pinggiran pantai. Kendati tidak mengalami kerusakan, tetapi gempa terjadi pada 16 Juni 2021 juga dirasakan oleh para karyawan yang sedang bertugas.

"Laporan yang kami terima ada nasabah lansia dan mereka memiliki anak belum mendapatkan bantuan. Kami akan memprioritaskan di penyaluran tahap kedua. Mudah-mudahan bantuan yang disalurkan bisa membantu meringankan beban masyarakat di sana, terutama rekan-rekan kami yang di Tehoru," tandas Ridul.

Pewarta: John Soplanit

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021