Widya Pratiwi istri dari Gubernur Maluku Murad Ismail menerima penghargaan Anugerah Manggala Karya Kencana dari BKKBN karena dinilai memiliki komitmen dan dedikasi dalam pengembangan program keluarga berencana di provinsi tersebut.

"Penghargaan itu diberikan kepada istri Pak Gubernur yang juga Ketua Tim Penggerak PKK Maluku dinilai memiliki dedikasi dan komitmen yang tinggi terhadap program keluarga berencana," kata Kadis Kominfo Maluku, Semuel Huwae di Ambon, Selasa.

Semy mengatakan penghargaan tersebut diserahkan langsung oleh Kepala BKKBN Hasto Wardoyo secara virtual kepada Widya Pratiwi, saat sedang melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Seram Bagian Barat (SBB), Senin (28/6).

Penghargaan tersebut diberikan BKKBN kepada warga negara yang dinilai memiliki prestasi, dedikasi, dukungan serta komitmen yang tinggi terkait program-program pengembangan keluarga berencana di wilayahnya.

Salah satu keterlibatan Widya adalah bersama BKKBN menyikapi tingginya kasus stunting (kekerdilan) di Maluku. Sebagai Duta Parenting Maluku, Widya dianggap berhasil menekan angka preverensi stunting di Maluku yang pada tahun 2020 angkanya berhasil ditekan menjadi 15,8 persen, dari sebelumnya 34,2 persen di tahun 2018.

Menurut Semmy, istri Gubernur Maluku tersebut telah mengunjungi hampir seluruh kabupaten/kota di Maluku, untuk memerangi tingginya kasus kekerdilan di provinsi tersebut.

Kepala Perwakilan BKKBN Provinsi Maluku Renta Rego membenarkan penghargaan tertinggi tersebut diberikan kepada Widya Pratiwi karena berdasarkan hasil penilaian, dinilai berjasa untuk mengatasi masalah keluarga berencana di Maluku.

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan Surat Keputusan Kepala BKKBN Nomor 71/KEP/G2/2021 tentang Penerima Penghargaan Manggala Karya Kencana, Wira Karya Kencana, Dharma Karya Kencana dan Cipta Karya Kencana tahun 2021.

"Sebagai duta parenting Ibu Widya dinilai berdedikasi dan komitmen yang tinggi. Saat mengunjungi daerah-daerah di Maluku, beliau selalu memberikan edukasi berkaitan dengan keluarga berencana kepada masyarakat," katanya.

Saat ini istri Gubernur Maluku tersebut sedang mengunjungi kabupaten SBB, diantaranya mengunjungi pos yandu khususnya kelas ibu hamil di Desa Kamal, Kecamatan Kairatu Barat.

Selain itu mengunjungi Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Piru untuk mengisi acara Bunda PAUD Bercerita, pelantikan Bunda PAUD SBB,monitoring dan evaluasi stunting serta dialog "Mangente Negeri Saka Mese Nusa" dan penyerahan bantuan duta parenting Maluku.

Pewarta: Jimmy Ayal

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021