Manajemen perusahaan minyak dan gas INPEX Masela menyatakan tetap melanjutkan program tanggung jawab sosial khususnya pemberian beasiswa pendidikan untuk masyarakat Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Maluku, meski perusahaan tersebut kini menunda rencana kegiatan operasional di lapangan karena pandemi COVID-19.

"Tujuan utama dari diadakan program beasiswa ini adalah sebagai salah satu wujud kepedulian kami dalam meningkatkan kualitas sumberdaya manusia di Kabupaten Kepulauan Tanimbar, agar mahasiswa dan mahasiswi dapat menyelesaikan pendidikannya tepat waktu dan dengan prestasi yang memuaskan. Sehinggai harapannya nanti mahasiswa dan mahasiswi dari YPT-RLS dapat berkontribusi untuk pembangunan Kabupaten Kepulauan Tanimbar yang lebih baik," kata Senior Manager Communication and Relation Inpex Masela, Puri Minari kepada ANTARA di Saumlaki, Jumat.

Kegiatan Penandatanganan Perjanjian Kerjasama (PKS) antara INPEX dan Yayasan Perguruan Tinggi Rumpun Lelemuku Saumlaki (YPT-RLS), sudah berlangsung secara virtual, Kamis (8/7). Turut hadir perwakilan manajemen INPEX di Jakarta, dan jajaran petingi dan pengurus YPT-RLS serta penerima beasiswa tahun sebelumnya.

Puri Minari menyatakan pelaksanaan program beasiswa INPEX tahun ini untuk mahasiswa-mahasiswi di bawah naungan YPT-RLS untuk tahun akademik 2021-2022. Dia menyebutkan, program tersebut telah memasuki tahun ke-7 dimana INPEX telah menginisiasi program ini sejak tahun 2014. Tujuan lain dari program Beasiswa INPEX, lanjut Puri Minari adalah sebagai bentuk investasi sosial INPEX Masela terhadap masyarakat di sekitar wilayah kerja dan operasi khususnya dalam hal ini YPT-RLS sebagai mitra pemangku kepentingan utama di bidang peningkatan sumberdaya manusia, membantu calon mahasiswa berprestasi di kampus YPT-RLS berprestasi namun kurang mampu secara ekonomi.

Selain itu, melahirkan lulusan perguruan tinggi yang mandiri dan produktif sehingga mampu berperan dalam upaya mendukung peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) daerah melalui program beasiswa PERGURUAN TINGGI di sekitar wilayah kerja INPEX Masela, membantu perguruan tinggi lokal untuk dapat bersaing dan terpandang secara nasional khususnya di Indonesia bagian timur.

"Sejak 2014 sampai dengan 2020, INPEX Masela telah memberikan beasiswa pendidikan kepada 522 mahasiswa-mahasiswi S1 YPT-RLS" katanya.

Pada tahun 2018, dalam rangka meningkatkan SDM dan kapasitas institusi perguruan tinggi, INPEX juga memberikan beasiswa kepada 12 dosen YPT-RLS untuk dapat melanjutkan studi di jenjang Magister (S2). Sama seperti tahun-tahun sebelumnya, program beasiswa ini selain memberikan bantuan finansial berupa bantuan pembayaran biaya perkuliahan bagi mahasiswa dan mahasiswi S1 maupun dosen YPT-RLS yang sedang dalam masa studi lanjutan. 

Selain itu, beasiswa ini juga memberikan bantuan finansial bagi mahasiswa-mahasiswi semester akhir yang sedang menyusun skripsi, dengan harapan nantinya dapat dimanfaatkan untuk membeli buku literatur maupun biaya operasional lain yang terkait dengan riset dan penelitian skripsi.

Puri menyatakan INPEX Masela berkomitmen untuk terus meningkatkan kualitas Pendidikan di Kabupaten Kepulauan Tanimbar yaitu dengan memperluas cakupan penerima manfaat program beasiswa yakni dengan memberikan bantuan lendidikan melalui beasiswa kepada dosen YPT-RLS untuk melanjutkan studi Doktoral (S3), dari yang sebelumnya hanya menyasar mahasiswa dan mahasiswi S1 serta Dosen YPT-RLS untuk melanjutkan studi S2. 

Pada tahun ini, beasiswa INPEX Masela dialokasikan untuk beasiswa Pendidikan untuk 33 mahasiswa-mahasiswi S1, bantuan riset penyusunan skripsi untuk 12 mahasiswa-mahasiswi S1, beasiswa Pendidikan untuk 6 orang dosen di YPT-RLS untuk melanjutkan studi Magister (S2), dan beasiswa Pendidikan untuk 2 orang Dosen di YPT-RLS untuk melanjutkan studi Doktoral (S3).

"Sehingga total penerima manfaat beasiswa INPEX Masela tahun 2021 adalah sebanyak 53 orang," katanya.

Selain beasiswa pendidikan, pada tahun ini INPEX juga akan menyelenggarakan pendampingan dan peningkatan kapasitas kepada mahasiswa dalam bentuk pelatihan dan pendampingan yang nantinya akan dilakukan secara berkala.  "Harapannya, melalui program ini, INPEX dapat membantu mahasiswa penerima beasiswa untuk dapat bersaing dalam meningkatkan prestasi akademik maupun non akademik sekaligus melaksanakan tridharma perguruan tinggi khususnya terkait pengabdian kepada masyarakat" tandasnya.

INPEX adalah Perusahaan Minyak dan Gas Bumi terbesar dari Jepang yang saat ini mempunyai lebih dari 70 proyek minyak dan gas di lebih dari 20 negara termasuk di Indonesia, Australia, Kazakhstan, Uni Emirat Arab, dan Brazil. Di Indonesia, INPEX telah beroperasi sejak tahun 1966, dan saat ini berpartisipasi pada tujuh blok migas yang mencakup kegiatan eksplorasi, pengembangan dan produksi termasuk di Blok Masela, dimana INPEX menjadi operator.

Blok Masela terletak di lepas pantai, yaitu di Laut Arafura sekitar 155 km arah Barat Daya kota Saumlaki, Kabupaten Kepulauan Tanimbar, Provinsi Maluku. 

Pewarta: Simon Lolonlun

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021