Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Utara (Malut) optimis seluuruh fasilitas dan infrastruktur yang telah dikerjakan akan rampung sebelumnya pelaksanaan STQ Nasional (STQN) XXVI  dijadwalkan diselenggarakan di Sofifi pada Oktober 2021.

"Kami telah melakukan pemantauan seluruh infrastruktur untuk kelancaran pelaksanaan STQN,  terutama penyediaan tempat tinggal khafilah dilakukan penyediaan saluran air bersih, sehingga sebelum Oktober 2021 seluruh fasilitas rampung," kata Kadis PUPR Malut, Djafar Ismail di Ternate, Sabtu.

Menurut dia, lokasi tempat tinggal utusan seluruh daerah berpartisipasi dalam STQN di Sofifi akan disediakan perumahan ASN II dan III telah dikerjakan, begitu pun  pembangunan masjid raya Sofifi.

Sedangkan, Wagub Malut, M Al Yasin Ali memastikan,  pembangunan masjid raya Sofifi yang akan dijadikan arena pelaksanaan lomba STQ Nasional  XXVI  pasti rampung pada September 2021.

"Sebab, atap sudah selesai terpasang dan saat ini sedang dilakukan plesteran dua menara depan, tinggal dua menara belakang yang belum, tetapi masih ada waktu untuk merampungkannya," katanya. 

Menurut Wagub, dia bersama Gubernur Abdul Ghani Kasuba, fokus membenahi kota Sofifi,  karena yang datang ini para kafilah dari berbagai daerah  di Indonesia.

Menyinggung kondisi pandemi COVID-19, menurut Wagub, tidak ada masalah. Tentu harapannya melalui  STQ XXVI pada 2021 yang diselenggarakan di Malut mudah-mudahan Sang Pencipta mengangkat seluruh virus dan penyakit yang sedang dihadapi oleh bangsa Indonesia.

 Ketua Komisi III DPRD Malut, Sahril Taher meminta Gubernur Malut agar terus memantau perkembangan  infrastruktur pelaksanaan STQN di Sofifi.

"Kalau pun seluruh pekerjaan tidak tuntas hingga akhir Agustus 2021, tentunya Pemprov Malut bisa mengalihkan lokasi pelaksanaan STQN ke daerah yang telah siap infrastrukturnya seperti Kota Ternate," katanya.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021