Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun mengapresiasi semua pihak atas keberhasilan mendapat penghargaan sebagai Tim Pengendali Infalsi Daerah (TPID) terbaik tahun 2020 wilayah Papua, Maluku, dan Nusa Tenggara Timur, dua tahun berturut-turut.

Pemerintah Kabupaten Maluku Tenggara (Pemkab Malra) sebagai Kabupaten terbaik TPID tahun 2020, diumumkan dalam Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pengendalian Inflasi Nasional tahun 2021 yang dibuka oleh Presiden RI dan dipimpin langsung oleh Menko Perekonomian didampingi Gubernur Bank Indonesia, Rabu (25/8/2021).

Siaran pers Bupati Maluku Tenggara, M Thaher Hanubun yang diterima Antara, Kamis (26/8/2021), ia mengapresiasi  semua pihak atas perolehan penghargaan selama dua tahun berturut-turut yakni tahun 2019 dan tahun 2020.

Atas penghargaan ini, saya atas nama Pemekab Malra menyampaikan apresiasi dan terima Kasih yang setinggi-tingginya kepada Gubernur Maluku beserta Jajaran Dinas Teknis terkait yang dengan setia memberikan penguatan-penguatan kepada Pemkab Malra dalam upaya mengendalikan inflasi daerah, ungkap Thaher.

Apresiasi juga, sebutnya, kepada Kepala Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Maluku, yang telah membangun kerjasama luar biasa dalam mengawal upaya pengendalian inflasi daerah di Malra.

Kemudian, jajaran TNI/Polri dalam hal ini Polres Tual yang turut serta menginisiasi Kebun Tangguh dan KODIM 1503 Maluku Tenggara yang turut serta mengelola kebun Ve'e Kes Yang.

Dijadikan sebagai sebuah gerakan masif dalam menghadapi pandemi Covid-19 di Malra, apresiasi saya sampaikan kepada pihak TNI AU Lanud Dumatubun Langgur dan TNI AL yakni Lanal Tual, serta Kejaksaan Negeri Tual dan Pengadilan Negeri Tual, jelas Thaher.

Lanjut Thaher, apresiasi dan trimakasih juga saya sampaikan kepada Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Malra bersama jajaran, para penyuluh dan stackholder pertanian serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang secara sungguh-sungguh mengawal dan mengelola Ve'e Kes Yang sebagai sebuah gerakan masyarakat dalam menjaga ketahanan pangan masyarakat.

Terimakasih juga bagi TP-PKK Malra serta seluruh masyarakat baik di perkotaan hingga ke Ohoi-Ohoi yang telah menggerakan seluruh potensi yang dimiliki untuk membangun "Ve'e Kes Yang" guna menghadapi Pandemic Covid-19.

Malra dengan inovasi gerakan ketahanan pangan Maluku Tenggara (Vee’Kes Yang) yang telah mendorong budaya berkebun, difersifikasi pangan lokal dan peningkatan produktivitas pertanian mendapat pengakuan Pemerintah Pusat melalui Tim Pengendali Inflasi Pusat (TPIP).

"Kedepan, dengan kontribusi sektor pertanian dalam mengendalikan inflasi di daerah sangat berdampak besar, maka sektor ini dapat terus dikuatkan dan kita juga akan mengupayakan sektor-sektor lain seperti rumput laut sehingga mampu menopang perekonomian masyarakat dan daerah," tutup Thaher dalam rilisnya.

Baca juga: Kabupaten Maluku Tenggara Kembali Raih TPID Awards
Baca juga: Kemenko Marves jadikan Malra pusat budidaya rumput laut terintegrasi, gairahkan perekonomian

 

Pewarta: Siprianus Yanyaan

Editor : Febrianto Budi Anggoro


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021