Kepala Dinas Kesehatan kota Ambon Wendy Pelupessy menyatakan, kasus terkonfirmasi COVID-19 di kota Ambon saat ini menurun signifikan.

"Penurunan kasus terlihat dari tingkat kesembuhan COVID-19 di Kota Ambon mengalami peningkatan mencapai 97,49 persen atau sebanyak 8.586 orang dari total kasus positif 8.807 orang," katanya, di Ambon, Rabu.

Angka kesembuhan semakin baik terlihat dari tingkat keterisian rumah sakit dan pusat karantina di Kota Ambon turun di bawah 80 persen.

Tingkat keterisian tempat tidur pasien (Bed Occupancy Rate/BOR) di fasilitas kesehatan yang menangani pasien COVID-19 di bawah 80 persen.

“Tingkat BOR rumah sakit menurun, artinya banyak pasien COVID-19 yang sembuh dan tidak lagi dirawat di rumah sakit,” ujar Wendy.

Menurut dia, pasien yang menjalani perawatan di RS lapangan dan isolasi mandiri saat ini sebanyak 54 orang.

"Penambahan kasus per hari rata-rata di bawah 10 kasus. Mudah-mudahan kondisi ini dapat kita terus pertahankan dan diharapkan bisa masuk di zona hijau," katanya.

Diakuinya, penutupan RS lapangan memberikan indikasi kuat bahwa perkembangan kasus COVID-19 di Ambon semakin terkendali dan menurun jauh.

Sebelumnya pusat karantina yang melayani pasien COVID-19 yakni hotel Everbright maupun Wijaya, penginapan Garuda Inn, LPMP dan satu pusat karantina yang difasilitasi Pemprov Maluku yakni asrama haji.

"Saat ini hanya terpusat di hotel Everbright dan asrama haji," tandas Wendy.

Pewarta: Penina Fiolana Mayaut

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021