Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon mengerahkan prajurit untuk menanam 200 bibit mangrove di kawasan Pantai Halong, Teluk Ambon, Provinsi Maluku, Jumat, guna menghijaukan kawasan raklamasi tersebut.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut IX Ambon Brigjen TNI (Mar) Said Latuconsina  memimpin kegiatan penanaman bibit mangrove yang dilaksanakan di belakang Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. FX Suhardjo.

Selaku ketua acara, Kepala Rumah Sakit TNI Angkatan Laut dr. FX Suhardjo, Letkol Laut (K) drg. Bambang Teguh, mengatakan bahwa kegiatan yang digelar untuk memperingati HUT ke-76 TNI itu melibatkan 60 prajurit.

Baca juga: Peringati HUT TNI, ratusan prajurit Lantamal IX bersihkan sampah di Teluk Ambon

"Sebuah pengalaman yang baik ketika bisa turut berkontribusi nyata melalui kegiatan positif yang berorientasi pada pemberdayaan lingkungan dengan manfaat jangka panjang," katanya.

Ia mengemukakan, TNI melakukan penanaman bibit pohon bakau untuk memperbaiki ekosistem pesisir di kawasan Teluk Ambon.

"Tanaman bakau berfungsi utama sebagai pencegah abrasi dan erosi atau pengikisan tanah di kawasan pantai. Ekosistem mangrove juga menjadi tempat hidup biota laut dan satwa-satwa di sekitar area itu," kata dia.

Ia berharap lembaga dan elemen masyarakat yang berpartisipasi dalam penghijauan kawasan pesisir semakin banyak. 

Baca juga: 31 satwa dilindungi korban perdagangan ilegal mati, ada yang dari Maluku
Baca juga: 11 buaya terlantar di tempat penangkaran terpaksa dievakuasi, begini penjelasannya
 

Pewarta: Winda Herman

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021