Panitia Seleksi Tilawatil Qur’an Nasional (STQN)  XXVI yang dijadwalkan pada 14 hingga 22 Oktober 2021 telah menyiagakan ratusan personelnya untuk melakukan penjemputan dan memberikan pelayanan kepada para peserta yang tiba di Kota Ternate dan Sofifi.

Asisten III Pemprov Malut, Asrul Gailea kepada ANTARA di Ternate, Rabu, mengatakan, sembilan khafilah dari berbagai Provinsi tiba di Kota Ternate sejak pukul 07.27 Wit dengan menggunakan pesawat Garuda Indonesia dan Batik Air.

Sembilan khafilah tersebut tiga Khafilah menggunakan pesawat terbang Garuda Indonesia masing-masing Provinsi Aceh sebanyak 36 orang, Provinsi  Kepulauan Riau 67 orang dan Provinsi Kalimantan Tengah 26 orang.

Sedangkan rombongan Kafilah yang menggunakan Batik Air tiba di Kota Ternate pada pukul 8.35 WIT yakni Provinsi Riau dengan jumlah rombongan 47 orang, Provinsi Sumatera 41 orang dan Provinsi Bengkulu 30 orang serta tiga daerah lainnya yakni Provinsi Papua, Kalimantan Tengah dan Sulawesi Kendari tiba pada pukul 15.45 wit. 

Kedatangan para rombongan Kafilah dari sembilan provinsi ini langsung disambut oleh Asisten II Gubernur Sri Hartati, Asisten III Gubernur Asrul Gailea, Asisten I Pemkot Ternate, Muhdar Din dan Asisten II Bahtiar Teng. 

Sedangkan, para rombongan Khafilah kemudian diarahkan oleh masing-masing LO menuju ke pelabuhan Ahmad Yani untuk menuju ke lokasi STQ di Sofifi dan panitia telah menyediakan kapal cepat untuk membawa khafilah dan officialnya.

Sedangkan, untuk para peserta telah disiapkan tempat huniannya di Sofifi. Sedangkan,  para pejabat daerah yang membawa para khafilah akan tinggal di Kota Ternate dan seluruh hotel telah tersedia. 

Asrul menyatakan, iSTQN yang dibuka 16 Oktober 2021, membuat rombongan kafilah dari berbagai Provinsi mulai berdatangan ke Provinsi Kepulauan itu.

Dalam kesempatan itu, panitia menyuguhkan berbagai atraksi dan hiburan berupa tarian di Bandara Sultan Baabullah Ternate dan marching band di Pelabuhan Ahmad Yani Ternate untuk mengiringi perjalanan para khafilah ke Kota Sofifi.
Panitia Seleksi Tilawatil Qur’an Nasional (STQN) ke XXVI pada 14 hingga 22 Oktober 2021 menyuguhkan berbagai atraksi dan tarian dalam penjemputan guna memberikan pelayanan kepada khafilah yang tiba di Kota Ternate dan Sofifi (Abdul Fatah)

Sementara itu, Pemkot Ternate, dalam pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) Nasional telah menyiapkan berbagai destinasi wisata Kota Ternate mulai dari objek wisata religi seperti Masjid Kesultanan Ternate, Keraton Ternate hingga benteng peningggalan colonial.

Kadis Pariwisata Kota Ternate, Rizal Marsaoly mengakui, Pemkot Ternate telah dilibatkan dalam City Tour, para khafilah akan di bawa mengunjungi berbagai destinasi wisata sejarah hingga objek wisata Pantai Sulamadaha hingga Jikomalamo.

Olehnya itu, Pemkot Ternate merespon dan akan menyuguhkan seluruh potensi wisata dan panorama indah daerah ini hingga tarian tradisional Ternate dalam rangkaian penerimaan tamu berbagai daerah di Indonesia.

 

Pewarta: Abdul Fatah

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021