Kodam XVI/Pattimura menggelar vaksinasi massal COVID-19 di Pulau Moa, Kabupaten Maluku Barat Daya, guna menekan penyebaran virus corona sekaligus mendorong percepatan pencapaian target vaksinasi di Provinsi Maluku.

Berdasarkan siaran pers yang diterima dari Penerangan Daerah Militer (Pendam) XVI/Pattimura, Senin, vaksinasi massal COVID-19 yang ditargetkan kepada 1.000 orang di Pulau Moa, digelar di Gedung Serbaguna Tiakur dengan melibatkan tim Kesehatan Daerah Militer (Kesdam), Puskesmas Tiakur dan RSUD Moa.

Kegiatan tersebut ditinjau langsung oleh Pangdam Mayjen TNI Bambang Ismawan didampingi Ketua Persatuan Istri Prajurit (Persit) Kartika Chandra Kirana Pengurus Daerah (KCK PD) XVI/Pattimura Ny Shinta Bambang Ismawan, guna memastikan proses vaksinasi kepada masyarakat berjalan lancar.

Pangdam mengatakan kegiatan vaksinasi massal yang digelar hari ini diharapkan bisa mencapai target 1.000 orang, sesuai dengan dosis vaksin yang disediakan, agar lebih banyak orang yang terlindungi dari penularan COVID-19.

Ia juga berpesan agar pemerintah setempat melalui Dinas kesehatan bisa melanjutkan vaksinasi COVID-19 kepada masyarakat, sehingga target vaksinasi Provinsi Maluku bisa segera tercapai.

"Serbuan vaksinasi dapat terus dilanjutkan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten Maluku Barat Daya bersama instansi terkait agar target vaksinasi dapat tercapai," ucap dia.

Kegiatan vaksinasi massal COVID-19 di Pulau Moa merupakan bagian dari kegiatan rangkaian kunjungan Pangdam XVI Pattimura ke Kabupaten Maluku Barat Daya. Beberapa hari sebelumnya kegiatan yang sama juga digelar di Kabupaten Kepulauan Tanimbar untuk 680 orang, dan Kabupaten Maluku Tenggara untuk 2.000 orang sekaligus.

Usai meninjau pelaksanaan vaksinasi di Gedung Serbaguna Tiakur, Pangdam Bambang Ismawan kemudian menggelar silaturahmi dan bertatap muka dengan prajurit dan pegawai negeri sipil (PNS) TNI Angkatan Darat di Markas Kodim 1511/Pulau Moa.

Dalam kesempatan itu, Pangdam mengingatkan para prajuritnya agar senantiasa menjaga kesehatan diri dan keluarga masing-masing, sebagaimana telah disampaikan oleh Kepala Staf TNI Angkatan Darat (Kasad) Jenderal TNI Andika Perkasa.

Selain itu, mereka juga harus memperhatikan pendidikan anak-anaknya karena anak merupakan harapan masa depan.

"Laksanakan apa yang selalu ditekankan Bapak Kasad agar rutin melakukan olah raga untuk menjaga kesehatan. Kalau kita sehat yang menikmati adalah diri sendiri, anak dan keluarga kita," ujar Pangdam Bambang Ismawan.

Pewarta: Shariva Alaidrus

Editor : Lexy Sariwating


COPYRIGHT © ANTARA News Ambon, Maluku 2021